Epidemi dalam al Qur'an surah al Fil perspektif tafsir Indonesia

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Syafiyyah, Salsabila (2024) Epidemi dalam al Qur'an surah al Fil perspektif tafsir Indonesia. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Salsabila Syafiyyah_07020320076.pdf

Download (588kB)
[img] Text
Salsabila Syafiyyah_07020320076_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 August 2027.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui bagaimana kondisi sebenarnya yang dilihat dari perspektif mufasir Indonesia dan diharapkan bisa memberikan kesadaran lebih untuk senantiasa taat kepada Allah SWT. Metode yang digunakan adalah metode library research atau bisa disebut juga kajian pustaka, dengan menggunakan sumber data primer dan sekunder untuk memperkuat data. Bisa dikatakan epidemi jika wabah menyebar secara tidak wajar dan kasus penyebarannya melebihi batas normal yang menyebar di negara tertentu. Untuk itu dibutuhkan peran serta seluruh campur tangan masyarakan untuk saling mengingatkan bahwa virus tersebut sangat berbahaya. Tentu saja pihak pemerintah, dinas kesehatan, apalagi tokoh keagamaan memegang peran yang sangat penting karena menyajikan pemahaman mengenai al-Qur’an kepada masyarakat luas terutama dalam menanggulangi wabah yang sedang terjadi. Hasil dari penelitian ini dapat diambil Kesimpulan bahwa dari ketiga penafsiran mufasir Indonesia mengenai epidemi yang dibahas dalam surah al-Fil ayat 1-5 bahwa ketiga mufasir tersebut mengatakan bahwa pasukan bergajah abrahah mengidap penyakit cacar yang dibawa oleh serangga kecil seperti lalat atau nyamuk. Maka dari itu, kita harus menjaga kebersihan, tetap waspada akan sekitar dan tidak bertindak gegabah dalam mengambil keputusan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Syafiyyah, Salsabilasalsabilasyafiyyah88@gmail.com07020320076
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRohman, Abdurabdur.rohman@uinsby.ac.id20211601
Subjects: Kesehatan
Kesehatan

Al Qur'an
Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Epidemi; surah al Fil; mufasir; wabah; penyebaran
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Salsabila Syafiyyah
Date Deposited: 01 Aug 2024 02:06
Last Modified: 01 Aug 2024 02:06
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/72502

Actions (login required)

View Item View Item