Upaya mengatasi konflik keluarga melalui proses mediasi dalam kasus perceraian di Kota Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fakhrana, Rizka Hanifati (2024) Upaya mengatasi konflik keluarga melalui proses mediasi dalam kasus perceraian di Kota Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rizka Hanifati fakhrana _I73218050 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 30 July 2027.

Download (918kB)
[img] Text
Rizka Hanifati fakhrana _I73218050.pdf

Download (549kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengeksplorasi upaya mengatasi konflik keluarga pada kasus perceraian melalui mediasi di Kota Surabaya. Penelitian ini menjawab tiga pertanyaan utama: (1) Konflik apa saja yang mempengaruhi kasus perceraian di Kota Surabaya? (2) Bagaimana proses mediasi yang dilakukan untuk mengatasi konflik perceraian tersebut? (3) Bagaimana faktor-faktor yang mendukung dan menghambat proses mediasi pada masalah perceraian?. Metode yang diterapkan adalah metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teori yang digunakan untuk menganalisis upaya penyelesaian konflik keluarga melalui mediasi dalam kasus perceraian di Kota Surabaya adalah teori konflik dari Lewis A. Coser. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konflik perceraian di Kota Surabaya disebabkan oleh masalah ekonomi, ketidakharmonisan dalam hubungan, gangguan pihak ketiga, kekerasan dalam rumah tangga (KDRT), dan kurangnya tanggung jawab dalam rumah tangga. Pendekatan mediasi, baik dari perspektif konflik sosial maupun nilai-nilai Islam, memberikan landasan yang kuat untuk menyelesaikan konflik tersebut dengan cara yang konstruktif dan sesuai dengan prinsip-prinsip keadilan dan perdamaian. Proses mediasi yang dilakukan di Pengadilan Agama Surabaya terbukti efektif dalam mengatasi konflik perceraian dengan melibatkan tahapan-tahapan seperti pendekatan awal untuk membangun hubungan baik, identifikasi masalah, fasilitasi diskusi, dan mencapai kesepakatan damai. Namun, terdapat faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam proses mediasi perceraian di Kota Surabaya, dimana faktor pendukung meliputi penyelesaian perceraian dengan damai dan terbuka, serta tercapainya kesepakatan yang memenuhi kebutuhan dan kepentingan masing-masing pihak. Sementara itu, faktor penghambat meliputi konflik emosional, ketidakpercayaan pada mediator, dan keterbatasan komunikasi. Penelitian ini menghasilkan pemahaman yang lebih dalam tentang dinamika konflik perceraian dan relevansi mediasi sebagai pendekatan dalam penyelesaiannya di Kota Surabaya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fakhrana, Rizka Hanifatirizka13052000@gmail.comI73218050
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSetianingsih, Dwidwisetia@uinsa.ac.id2022127201
Subjects: Cerai Gugat
Keluarga > Keluarga Islam
Konflik sosial
Keywords: Konflik keluarga; mediasi; kasus perceraian
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Rizka Hanifati Fakhrana
Date Deposited: 31 Jul 2024 01:09
Last Modified: 31 Jul 2024 01:09
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/72505

Actions (login required)

View Item View Item