Analisis pembiayaan Qardhul Hasan terhadap peningkatan kesejahteraan ekonomi anggota di Kspps Muamalah Berkah Sejahtera Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hasibuan, Ripi Hamdani (2021) Analisis pembiayaan Qardhul Hasan terhadap peningkatan kesejahteraan ekonomi anggota di Kspps Muamalah Berkah Sejahtera Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ripi Hamdani Hasibuan_G94216124 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Ripi Hamdani Hasibuan_G94216124 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until August 2027.

Download (2MB)

Abstract

penelitian ini merupakan hasil penelitian kualitatif yang bertujuan untuk menjawab pertanyaan rumusan masalah dibahas bagaimana penerapan pembiayaan qardhul hasan di KSPPS Muamalah Berkah Sejahtera Surabaya dan bagaimana analisis pembiayaan qardhul hasan terhadap peningkatan kesejahteraan ekonomi anggota di KSPPS Muamalah Berkah Sejahtera Surabaya. Adapun yang menjadi latar belakang peneltian ini bahwa kesulitan anggota mendapatkan pembiayaan karena tidak mempunyai jaminan dan pembiayaan juga merupakan jalur alternatif anggota untuk mendapatkan dana dalam waktu jangka pendek. Hakikatnya pembiayaan qardhul hasan yang dilakukan KSPPS Muamalah Berkah Sejahtera Surabaya merupakan praktek kegiatan ekonomi sosial yang pelayanan pembiayaan diberikan kepada peminjam yang tidak mendapatkan keuntungan.
Pada penelitian ini metode penelitian menggunakan dengan metode penelitian kualitatif. Dalam penelitian peneliti mengamati apa yang terjadi di lapangan melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan mengumpulkan data dari berbagai macam sumber literatur tanpa menggunakan pengukuran numerik, rumus statistik ataupun kuisioner. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwasanya penerapan pembiayaan qardhul hasan yang dilakukan oleh KSPPS Muamlah Berkah Sejahtera Surabaya pembiayaan yang didalamnya bersifat sosial dan tolong menolong. Pembiayaan qardhul hasan ini pembiayaan yang diberikan kepada anggota tanpa mengambil keuntungan. Pembiayaan qardhul hasan ini juga diberikan kepada anggota yang membutuhkan dana untuk tambahan modal usaha, biaya pendidikan ataupun anggota yang memerlukan untuk biaya konsumtif lainnya. Berdasarkan hasil penelitian pembiayaan qardhul hasan pada KSPPS Muamalah Berkah Sejahtera Surabaya mengutamakan kemaslahatan dan kesejateraan ekonomi anggota. Sumber dana pada pembiayaan qardhul hasan juga berasal dari 2.5 % ZIS (zakat, infaq, shadaqah) dan BAZ Jatim yang mempercayakan dananya kepada KSPPS Muamalah Berkah Sejahtera Surabaya untuk diberikan kepada jamaah Masjid Al-Fajar yang berada di sekitar wilayah kantor KSPPS Muamalah Berkah Sejahtera Surabaya. Dan adanya pembiayaan qardhul hasan ini dapat dilihat bahwasanya anggota yang mendapatkan pembiayaan qardhul hasan mengalami peningkatan ekonomi dan dapat meningkatkan kualitas hidupnya. Sehingga dapat dikategorikan pembiayaan qardhul hasan pada KSPPS Muamalah Berkah Sejahtera Surabaya dapat meningkatkan kesejahteraan ekonomi anggota.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hasibuan, Ripi Hamdaniripihamdanihasibuan98G94216124
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorWigati, Srisriwigati@uinsby.ac.id2021027302
Subjects: Badan Amil Zakat Infaq dan Sadaqah
Ekonomi Islam
Keuangan Islam
Keywords: Pembiayaan Qardhul Hasan; Peningkatan Kesejateraan Ekonomi Anggota.
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ripi Hamdani Hasibuan
Date Deposited: 06 Aug 2024 08:24
Last Modified: 06 Aug 2024 08:24
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/72524

Actions (login required)

View Item View Item