Analisis akad qard terhadap sistem tanggung renteng di Koperasi Setia Bhakti Wanita Jawa Timur

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Firgiawan, Muhammad Rizky Earlang (2024) Analisis akad qard terhadap sistem tanggung renteng di Koperasi Setia Bhakti Wanita Jawa Timur. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Rizky Earlang Firgiawan_05040220108 OK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Muhammad Rizky Earlang Firgiawan_05040220108 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 August 2027.

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggali lebih dalam mengenai praktik sistem tanggung renteng yang diterapkan oleh Koperasi Setia Bhakti Wanita Jawa Timur melalui lensa Akad Qarḍ. Penelitian ini dapat dikategorikan sebagai penelitian hukum empiris atau penelitian lapangan, di mana data penelitian diperoleh melalui metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan pendekatan deskriptif kualitatif, yang melibatkan penggunaan akad qarḍ untuk mengkaji sistem tanggung renteng yang diterapkan di Koperasi Setia Bhakti Wanita Jawa Timur. Metode ini memungkinkan peneliti untuk memahami secara mendalam praktik-praktik yang ada serta implikasi hukum yang terkait dengan sistem tersebut. Hasil penelitian menunjukkan beberapa kesimpulan penting. Pertama, ditemukan bahwa praktik sistem tanggung renteng di Koperasi Setia Bhakti Wanita Jawa Timur digunakan sebagai alternatif bagi anggota kelompok yang membutuhkan pinjaman tanpa jaminan. Sistem tanggung renteng dapat dijalankan secara spontan atau melalui Tabungan Kelompok. Kedua, dalam penerapan sistem tanggung renteng untuk pembiayaan utang, penelitian menemukan bahwa Koperasi Setia Bhakti Wanita Jawa Timur telah mematuhi rukun syarat dalam akad Qarḍ . Hal ini menghasilkan manfaat yang signifikan bagi anggota kelompok, termasuk mendorong munculnya sikap disiplin dan tanggung jawab dalam melakukan pembayaran angsuran tepat waktu setiap bulan untuk mencegah terjadinya sistem tanggung renteng.Berdasarkan kesimpulan yang diperoleh dari penelitian diatas, penulis memberikan beberapa saran yang dapat diimplementasikan. Pertama, disarankan agar Koperasi Setia Bhakti Wanita Jawa Timur lebih memperhatikan praktik-praktik yang terkait dengan sistem tanggung renteng dan terus mengawasi penerapan peraturan yang dapat menjaga keberlangsungan sistem tersebut. Kedua, penulis menyarankan kepada seluruh anggota Koperasi Setia Bhakti Wanita Jawa Timur untuk menginternalisasi sikap disiplin dan tanggung jawab dalam menjalankan semua kewajiban yang telah disepakati, serta menyadari segala konsekuensi yang terkait dengan peran dan partisipasi mereka dalam koperasi tersebut. Dengan demikian, diharapkan dapat tercipta lingkungan yang lebih stabil dan produktif bagi kelangsungan dan kemajuan koperasi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Firgiawan, Muhammad Rizky Earlangearlangrizky@gmail.com05040220108
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorChaidaroh, Umiummi.chaidaroh@uinsby.ac.id2010097401
Subjects: Hukum Ekonomi
Koperasi
Keywords: Koperasi; Tanggung renteng
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Muhammad Rizky Earlang Firgiawan
Date Deposited: 01 Aug 2024 03:23
Last Modified: 01 Aug 2024 03:23
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/72527

Actions (login required)

View Item View Item