Studi eksplanatif kenaikan ekspor komoditas perikanan tangkap Indonesia ke Malaysia pada masa pandemi covid-19

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nashrullah, Nabil Alaik (2024) Studi eksplanatif kenaikan ekspor komoditas perikanan tangkap Indonesia ke Malaysia pada masa pandemi covid-19. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nabil Alaik Nashrullah_10010220010 OK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Nabil Alaik Nashrullah_10010220010 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 31 July 2027.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan faktor-faktor dibalik terjadinya peningkatan ekspor komoditas perikanan tangkap oleh Indonesia ke Malaysia pada masa pandemi Covid-19. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif-eksplanatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data model interaktif menurut Miles, Huberman, dan Saldana digunakan untuk memaparkan hasil penelitian. Berdasarkan data di lapangan, peneliti menemukan bahwa terjadinya peningkatan ekspor perikanan tangkap oleh Indonesia ke Malaysia pada masa pandemi Covid-19 karena adanya dua faktor. Pertama, Indonesia memiliki keunggulan absolut, yakni; 1) nilai ekspor produk perikanan tangkap Indonesia lebih murah dibandingkan negara-negara yang mengekspor perikanan tangkap ke Malaysia lainnya, seperti China; 2) pada masa pandemi Covid-19 saingan dagang utama Indonesia dalam perikanan tangkap ke Malaysia melakukan lockdown sehingga Indonesia menjadi pasar tunggal bagi impor perikanan tangkap Malaysia. Kedua, Indonesia memiliki keunggulan kompetitif, yakni; 1) produk perikanan tangkap Indonesia memiliki daya saing tinggi di pasar Malaysia dibandingkan dengan negara-negara yang mengekspor perikanan tangkap ke Malaysia; 2) ekspor perikanan tangkap Indonesia ke malaysia memerlukan biaya pengiriman yang lebih murah dan waktu pengiriman yang lebih singkat dibanding ekspor ke negara-negara lainnya karena secara geografis Indonesia dan Malaysia berdekatan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nashrullah, Nabil Alaikmazs.nabil@gmail.com10010220010
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorArif, Muhammad Qobidl ‘Ainulm.qobid@uinsby.ac.id0623088402
Subjects: Ekonomi
Hubungan Internasional
Keywords: Perikanan Tangkap; Ekspor; Pandemi Covid-19; Keunggulan Absolut; Keunggulan Kompetitif
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional
Depositing User: Nabil Alaik Nashrullah
Date Deposited: 31 Jul 2024 01:54
Last Modified: 31 Jul 2024 01:54
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/72536

Actions (login required)

View Item View Item