Optimalisasi aspek teknis pengelolaan sampah kawasan wisata: studi kasus di Pantai Goa Petapa Bangkalan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Syamsuddin, Tina Khoirunnisa (2024) Optimalisasi aspek teknis pengelolaan sampah kawasan wisata: studi kasus di Pantai Goa Petapa Bangkalan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Tina Khoirunnisa Syamsuddin_09010520019.pdf

Download (6MB)
[img] Text
Tina Khoirunnisa Syamsuddin_09010520019_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 31 July 2027.

Download (6MB)

Abstract

Timbulan sampah di Pantai Goa Petapa Bangkalan belum teratasi secara maksimal karena masih terdapat banyak timbulan sampah di pesisir pantai. Oleh karena itu, perlu dilakukan upaya-upaya agar sampah di kawasan wisata dapat terkelola dengan baik sehingga kelestarian lingkungan tetap terjaga. Tujuan penelitian ini adalah Menganalisis besar timbulan, densitas dan komposisi sampah yang dihasilkan dari aktivitas pengunjung dan pedagang, mengetahui faktor yang mempengaruhi persepsi pengunjung dan pedagang terhadap pengelolaan sampah, mengoptimalisasi sistem pengelolaan sampah aspek teknis, dan menganalisis kondisi eksisting sistem pengelolaan sampah di Pantai Goa Petapa Bangkalan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif uji korelasi rank spearman, serta menggunakan kuisioner untuk mengetahui persepsi masyarakat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan sampah di Pantai Goa Petapa belum maksimal dikarenakan pengelolaan sampah hasil dari aktivitas pengunjung dan pedagang dibakar begitu saja, dan belum ada tempat pembuangan sementara di wilayah tersebut. Faktor yang mempengaruhi persepsi pengunjung dan pedagang terhadap adanya timbulan sampah di Pantai Goa Petapa yaitu faktor tingkat pendidikan, dan usia. Optimalisasi sistem pengelolaan sampah aspek teknis di Pantai Goa Petapa Bangkalan yaitu dengan cara merencanakan pewadahan untuk pantai Goa Petapa dengan volume 10 L dan 25 L sedangkan untuk komersial 30 L dan 60 L, pengumpulan sampah menggunakan gerobak kapasitas 170 L, merencanakan TPS, dan juga melakukan penyuluhan mengenai sampah plastik karena rata-rata komposisi sampah di Pantai Goa Petapa rata-rata sampah plastik

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Syamsuddin, Tina Khoirunnisatkhoirunnisa0@gmail.com09010520019
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAuvaria, Shinfi Waznashinfiwazna@uinsby.ac.id2028038601
Thesis advisorRhofita, Erry Ikaerryikarhofita@uinsby.ac.id2002098701
Subjects: Lingkungan Hidup
Pemberdayaan
Teknik Lingkungan
Keywords: timbulan sampah; pengelolaan sampah; optimalisasi; pengelolaan sampah
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Tehnik Lingkungan
Depositing User: tina khoirunnisa syamsuddin
Date Deposited: 31 Jul 2024 04:36
Last Modified: 31 Jul 2024 04:36
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/72561

Actions (login required)

View Item View Item