Implementasi pembiayaan Kredit Usaha Rakyat (KUR) mikro dalam pengembangan UMKM di PT. Bank Syariah Indonesia,Tbk KC Lamongan Sudirman

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Salsabila, Annisa (2023) Implementasi pembiayaan Kredit Usaha Rakyat (KUR) mikro dalam pengembangan UMKM di PT. Bank Syariah Indonesia,Tbk KC Lamongan Sudirman. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Annisa Salsabila_G74219088 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 31 July 2027.

Download (2MB)
[img] Text
Annisa Salsabila_G74219088.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini merupakan hasil penelitian kualitatif, penelitian ini di latar belakangi oleh fenomena UMKM yang memiliki keterbatasan informasi atau akses pembiayaan sehingga terhambatnya peluang investasi atau perkembangan usaha mereka, maka dari itu penulis ingin meneliti bagaimana analisis implementasi pembiayaan KUR Mikro serta peranan pembiayaan KUR Mikro dalam mengembangkan UMKM di PT. Bank Syariah Indonesia KC Lamongan Sudirman. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu yang metode kualitatif deskriptif analisis, pada pengumpulan data dalam penelitian ini penulis menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan analisis data dalam penelitian ini menggunakan aktivitas reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil yang diperoleh pada penelitian ini menunjukkan bahwa nasabah UMKM penerima penyaluran pembiayaan KUR Mikro dapat mengembangkan usaha nasabah, memingkatkan omset penjualan dan menambah tenaga kerja. Dengan adanya program KUR Mikro di PT. Bank Syariah Indonesia,Tbk KC Lamongan Sudirman UMKM yang kekurangan modal bisa dengan mudah menjangkau untuk mendapatkan permodalan serta meningkatkan pendapatan dan perkembangan usahanya dan sesuai dengan prinsip-prinsip Syariah. Selain itu, faktor yang menjadi pendukung penyaluran pembiayaan KUR Mikro yaitu dengan keunggulan Bank Syariah Indonesia yang prosedurnya sesuai dengan prinsip Syariah, margin dinilai terjangkau, persyaratan yang mudah dan proses cepat, serta nasabah juga diberi monitoring untuk perkembangan usahanya. Sedangkan faktor yang menjadi penghambat dalam penyaluran pembiayaan KUR Mikro di PT. Bank Syariah Indonesia KC Lamongan Sudirman disebabkan oleh faktor eksternalnya yaitu pihak nasabah yang belum memenuhi kriteria dan persyaratan ketentuan dalam tahap analisis pembiayaan. Adapun saran bagi nasabah UMKM pembiayaan KUR Mikro di PT. Bank Syariah Indonesia KC Lamongan Sudirman sebaiknya dapat memanfaatkan pembiayaan yang diterima dengan lebih bijaksana agar mampu mendatangkan banyak manfaat bagi usaha yang dikelola. Serta untuk pihak bank agar selalu memperluas sosialisasi kepada calon nasabah serta nasabah pembiayaan KUR Mikro dalam mengembangkan Usahanya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Salsabila, Annisag74219088@student.uinsby.ac.idG74219088
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorYudhanti, Ashari Lintangashari.lintang@uinsby.ac.id2008119401
Subjects: Bank dan Perbankan Islam
Ekonomi Islam
Keywords: Implementasi KUR mikro; pengembangan UMKM, Bank Syariah Indonesia
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Annisa Salsabila
Date Deposited: 31 Jul 2024 06:58
Last Modified: 31 Jul 2024 06:58
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/72574

Actions (login required)

View Item View Item