Pengaruh konsumsi rumah tangga, pengeluaran pemerintah dan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) terhadap pertumbuhan ekonomi di Kabupaten/Kota Provinsi Jawa Timur Tahun 2016-2021

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Novitasari, Norma (2024) Pengaruh konsumsi rumah tangga, pengeluaran pemerintah dan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) terhadap pertumbuhan ekonomi di Kabupaten/Kota Provinsi Jawa Timur Tahun 2016-2021. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Norma Novitasari_G01218015 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Norma Novitasari_G01218015 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 August 2027.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini ialah sebuah penelitian yang bersifat kuantitatif dengan menggunakan metode analisis regresi data panel dengan model Fixed Effect Model. Data yang digunakan pada penelitian ini ialah data panel yang terdiri dari data time series dan cross section. Data time series yang digunakan dalam penelitian ini ialah data tahun 2016 hingga 2021 sedangkan data cross section yang digunakan dalam penelitian ini ialah data di Kabupaten/Kota Provinsi Jawa Timur. Data pada penelitian ini diperoleh melalui Badan Pusat Statistik. Data pada penelitian ini diolah dengan memanfaatkan software Eviews 10. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa konsumsi rumah tangga berpengaruh positif secara signifikan terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Kabupaten/Kota Provinsi Jawa Timur dengan hasil probabilitas sebesar 0.0204, pengeluaran pemerintah berpengaruh positif secara signifikan terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Kabupaten/Kota Provinsi Jawa Timur dengan hasil probabilitas sebesar 0.0016, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) berpengaruh positif secara signifikan terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Kabupaten/Kota Provinsi Jawa Timur dengan hasil probabilitas sebesar 0.0010 dan variabel konsumsi rumah tangga merupakan variabel yang paling berpengaruh terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Kabupaten/Kota Provinsi Jawa Timur dengan nilai absolute elastisitas sebesar 3,310139869. Adanya hasil penelitian ini diharapkan bagi pemerintah kabupaten/kota di Provinsi Jawa Timur dapat menyusun strategi yang mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi khususnya pada pemerintah daerah yang memiliki tingkat pertumbuhan ekonomi yang rendah. Yakni dengan memperbaiki kualitas konsumsi rumah tangga, dan melakukan pengendalian pengeluaran pemerintah dalam upaya pengembangan kualitas manusia yang akan dapat mendorong kemajuan daerah dan tentunya akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Novitasari, NormaNormanovita9@gmail.comG01218015
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorUtami, Betty Silfia Ayubetty.silfia@uinsby.ac.id0010068707
Subjects: Ekonomi
Pembangunan
Keywords: Konsumsi Rumah Tangga; Pengeluaran Pemerintah; Indeks Pembangunan Manusia; Pertumbuhan Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Norma Novitasari
Date Deposited: 01 Aug 2024 03:41
Last Modified: 01 Aug 2024 03:41
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/72588

Actions (login required)

View Item View Item