Pengalaman keagamaan umat Hindu: studi pada Agama Hindu di Desa Watutulis Kecamatan Prambon Kabupaten Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Solihah, Hiya'i Dal Aminas (2024) Pengalaman keagamaan umat Hindu: studi pada Agama Hindu di Desa Watutulis Kecamatan Prambon Kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Hiya'i Dal Aminas Solihah_E02219016 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 August 2027.

Download (1MB)
[img] Text
Hiya'i Dal Aminas Solihah_E02219016.pdf

Download (1MB)

Abstract

Umat Hindu di Desa Watutulis Prambon bukan umat yang statis atau tidak melakukan interaksi dengan umat agama-agama lain, seperti Islam dan Kristen. Interaksi sosial yang dilakukan oleh umat Hindu Desa Watutulis tidak terlepas dari keyakinan atau kepercayaan agama yang dianutnya, yaitu: agama Hindu. Keyakinan, praktik keagamaan dan keterlibatan dalam organisasi keagamaan menjadikan umat Hindu Desa Watutulis mengalami proses keagamaan. Pengalaman keagamaan umat Hindu di Desa Watutulis ini sangat menarik untuk diteliti karena mereka hidup sebagai minoritas di tengah umat Islam. Pertanyaan yang muncul terkait dengan penelitian ini adalah: i) bagaimana pengalaman keagamaan pemikiran umat Hindu di Desa Watutulis, ii) bagaimana pengalaman keagamaan perbuatan umat Hindu di Desa Watutulis, dan iii) bagaimana pengalaman keagamaan perkumpulan atau organisasi keagamaan umat Hindu di Desa Watutulis. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif studi kasus. Untuk memperoleh data, penelitian ini memakai metode: i) observasi, ii) wawancara, dan iii) studi dokumentasi. Untuk menganalisis data penelitian, peneliti memakai tahapan: i) seleksi data, ii) reduksi data, iii) penyajian data, dan iv) interpretasi data dan verifikasi ulang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa i) pengalaman keagamaan umat Hindu di Desa Watutulis pada level pemikiran berupa keikutsertaan mereka dalam pengajian, ceramah agama Hindu, diskusi dan pasraman (sekolah Hindu), ii) pengalaman keagamaan umat Hindu di Desa Watutulis pada level perbuatan berupa sembahyang, puja bakti, bakti social, dan iii) pengalaman keagamaan umat Hindu di Desa Watutulis pada level perkumpulan atau organisasi keagamaan berupa PHDI, WDHI dan prajaniti.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Solihah, Hiya'i Dal Aminashiyaaaidaaa@gmail.comE02219016
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNasruddin, Nasruddinnasruddin@uinsby.ac.id2003087301
Subjects: Agama
Agama > Hindu
Agama > Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Pengalaman keagamaan; umat Hindu; perkumpulan keagamaan
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Studi Agama - Agama
Depositing User: Hiya'i Dal Aminas Solihah
Date Deposited: 01 Aug 2024 07:06
Last Modified: 01 Aug 2024 07:06
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/72613

Actions (login required)

View Item View Item