Nilai-nilai etis santri generasi Z di Pondok Pesantren Tahfidz al Qur’an Darussalam Sulaimaniyah Lawang Malang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Khasanah, Lailatul (2023) Nilai-nilai etis santri generasi Z di Pondok Pesantren Tahfidz al Qur’an Darussalam Sulaimaniyah Lawang Malang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Lailatul Khasanah_E77219043.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Lailatul Khasanah_E77219043_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 2 August 2027.

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini mengkaji mengenai Nilai-Nilai Etis Santri Generasi Z di Pondok Pesantren Sulaimaniyah Lawang Malang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kehidupan dan perilaku etis pada santri generasi Z di Pondok Pesantren Tahfidz Al-Qur’an Darussalam Sulaimaniyah Lawang Malang, bagaimana pola dan penerapan nilai-nilai sufistik santri generasi Z di pondok pesantren sulaimaniyah. Metode penelitian yang diterapkan adalah pendekatan kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Temuan penelitian menunjukkan bahwa pada kelompok santri generasi Z memiliki pemahaman yang cukup baik mengenai konsep dasar Islam seperti adab, akhlak dan kecintaan kepada Allah SWT. Santri juga mampu mengamalkan prinsip-prinsip kehidupan berdasarkan nilai-nilai spiritual tersebut dalam kehidupan sehari-hari maupun dalam kehidupan di masyarakat. Dalam hal ini, lembaga pendidikan Islam seperti pondok pesantren memegang peranan penting dalam pembentukan karakter spiritual para santrinya melalui metode-metode pembiasaan dan latihan-latihan praktis seperti dzikir bersama dan tazkiyatun nafs. Selain itu, pihak keluarga juga harus turut aktif dalam menciptakan lingkungan rumah yang mendukung perkembangan spiritual anak-anak mereka.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Khasanah, Lailatullailatulkhasanah320@gmail.comE77219043
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorZamzami, Mukhammadmukhammadzamzami@gmail.com2015098101
Subjects: Pesantren
Keywords: Nilai; etis; generasi Z
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Lailatul Khasanah
Date Deposited: 02 Aug 2024 05:31
Last Modified: 02 Aug 2024 05:31
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/72628

Actions (login required)

View Item View Item