Al-Ahruf al-Muqatta'ah perspektif Ruzbihan al-Baqli dalam kitab 'Arais al-Bayan fi Haqaiq al-Qur'an: kajian epistemologi Irfani Abid al-Jabiri

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aminullah, Aminullah (2022) Al-Ahruf al-Muqatta'ah perspektif Ruzbihan al-Baqli dalam kitab 'Arais al-Bayan fi Haqaiq al-Qur'an: kajian epistemologi Irfani Abid al-Jabiri. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Aminullah_02040520008 OK.pdf

Download (523kB)
[img] Text
Aminullah_02040520008 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 August 2027.

Download (6MB)

Abstract

Al-Ahruf al-muqatta’ah menimbulkan perbedaan penafsiran yang kontraversional antara ulama’ salaf dan khalaf. Menurut ulama’ salaf ayat-ayat mutashabihat tidak perlu di ta’wil-kan karena yang mengetahui hakikatnya hanyalah Allah SWT. Sementara ulama’ khalaf memandang bahwa ayat mutashabihat harus ditetapkan maknanya. Hal demikian sejalan dengan yang dilakukan oleh kebanyakan mufassir sufi salah satunya Ruzbihan al-Baqli dalam tafsirnya ‘Ara’is Al-Bayan fi Haqa’iq al-Qur’an. Kesucian hati seorang sufi diyakini menjadi perantara dalam mengungkap makna al-Qur'an. Nalar intuisi sufisme bersentuhan dengan dunia tafsir al- Qur’an, tentunya akan menimbulkan keunikan tersendiri. Kalangan sufi mempunyai pandangan bahwa setiap ayat memiliki beberapa lapisan makna, antara lain; zahir, batin, hadd, dan mat}la’. Keunikan juga tafsir sufi terletak pada epistemologinya. Hal tersebut yang membedakan dengan tafsir yang lain. Dalam pemetaan nalar Arab, ‘Abid al-Jabiri membagi epistemologi menjadi tiga, yaitu: bayani (teks), ‘irfani (intuisi), burhani (rasional). Lebih tepatnya tafsir sufi bernalar ‘irfani. Metode ini memang sukar diukur secara ilmiah, karena bersumber dari pengalaman seorang sufi, terutama golongan sufi ishari. Namun, menurut William James amat tidak bisa dibenarkan untuk memperlakukan mistisme (pengalaman spiritual) sekedar sebagai halusinasi. Semua pengalaman dan peristiwa dalam keadaan dan konteks wahyu, budaya, agama yang berkaitan dengan hal mistis secara deduktif bisa dibuktikan seragam dan memiliki sifat repetitif dan mencocoki suatu teori tunggal berkenaan dengan persoalan ini. Perlu dikaji epistemologi ‘irfani ‘Abid al-Jabiri terhadap penafsiran al-ahruf al-muqatta’ah dalam kitab ‘Ara’is al-Bayan fi Haqa’iq al-Qur’an.
Penelitian ini merupakan model penelitian kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah library research (peneletiaan kepustakaan). Teknis analisis yang digunakan adalah deskriptif-analisis. Hasil penelitian, menunjukkan bahwa: 1. Penafsiran Ruzbihan al-Baqli tentang al-ahruf al-muqatta’ah memiliki beragam penafsiran tergantung isyarat yang diterimanya. Makna isyarat huruf-huruf tersebut tentang Allah, Nabi Muhammad SAW, al-Qur’an, para Nabi dan Rasul terdahulu, serta para wali Allah. Konsep tasawuf yang terkandung pada penafsiran al-ahruf al-muqatta’ah yaitu, ma’rifah, sitru, tajalli, fana’ baqa’, shawq, ‘ishq, ‘iyan, mushahadah, rububiyyah, ittihad, sir, mahabbah, dan hakikat. 2. Sumber penafsirannya murni berasal dari pengalaman spiritual dan isyarat-isyarat Ilahi yang ia peroleh setelah menempuh metode al- dhawqiyyah (al-tajribah al-batiniyyah), al-riyadah, dan al-mujahadah. Pendekatan yang digunakan adalah intuitif atau dhawq. Kerangka teori yang digunakan Ruzbihan al-Baqli adalah zahir-batin. Namun, semua ayat secara langsung ditafsirkan dari aspek esoteris (makna batin), tanpa menjelaskan penafsiran secara tekstual (zahir) ayat terlebih dahulu. Peran akal seorang sufi seperti Ruzbihan hanyalah berpartisipasi dalam mekanisme berpikir ala ‘irfani. Argumen yang disampaikan Ruzbihan al-Baqli lebih mengarah kepada argumen spiritually (esoterik). Validitas keilmuan Ruzbihan dapat dipertanggungjawabkan ketika mengamati kisah pertemuannya dengan Suhrawardi, Syekh ‘Ali al-Siraj dan Syekh Abu Hasan al-Kardawiyah.
Kata Kunci: al-Ahruf al-Muqatta’ah, Epistemologi ‘irfani, ‘Abid al-Jabiri,al-Baqli

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aminullah, Aminullahaminullahamin270198@gmail.com02040520008
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorDjamaluddin, Burhanpps@uinsby.ac.id2021125501
Thesis advisorThobroni, Ahmad Yusamayusamth71@gmail.com2022077101
Subjects: Al Qur'an
Keywords: al-Ahruf al-Muqatta’ah; Epistemologi ‘irfani; ‘Abid al-Jabiri; al-Baqli
Divisions: Program Magister > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Aminullah Aminullah Aminullah
Date Deposited: 01 Aug 2024 07:07
Last Modified: 01 Aug 2024 07:07
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/72645

Actions (login required)

View Item View Item