Perancangan Kontrol Instrumen QHAD (Qibla Hilal Automotion Direction) Nirkabel Bluetooth Berbasis Android

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wibisono, Amri Mashuri (2024) Perancangan Kontrol Instrumen QHAD (Qibla Hilal Automotion Direction) Nirkabel Bluetooth Berbasis Android. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Amri Mashuri Wibisono_05040620030 OK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Amri Mashuri Wibisono_05040620030 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 3 August 2027.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari adanya sebuah inovasi dengan munculnya aplikasi Android yang dapat mengontrol instrumen falak otomatis dengan dua fungsi sebagai alat bantu dalam pengukuran arah kiblat dan menentukan posisi Hilal, yakni QHAD (Qibla Hilal Hilal Automotion Direction). Penelitian ini menjawab yang disampaikan oleh peneliti dalam dua rumusan masalah, yakni bagaimana perancangan kontrol instrumen QHAD nirkabel berbasis Android? Dan bagaimana analisis pengoperasian kontrol nirkabel Bluetooth terhadap kinerja instrumen QHAD? Peneliti dalam penyusunan metode peneliti ini menggunakan saintifik kualitatif dengan data primer berupa data astronomis dan data sekunder berupa perangkat aplikasi Android. Hasil dari penelitian dapat dideskripsikan bahwa: pertama, perancangan aplikasi kontrol instrumen QHAD menggunakan Android Studio dengan bahasa pemograman Java. Kedua, analisis interaksi antara aplikasi kontrol dengan instrumen QHAD memiliki kelemahan yang lebih besar daripada kelebihan. Peneliti ini memberikan sebuah rekomendasi agar aplikasi kontrol ini dapat dikembangkan dalam segi teknis dan performa, sehingga dalam pengoperasian instrumen dapat berjalan dengan lancar dan efisien. Dengan adanya penelitian ini dapat diharapkan menunjang dalam bidang pengembangan instrumen falak, sehingga dapat bermanfaat bagi seluruh umat Muslim di dunia dalam pelaksanaan ibadah

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wibisono, Amri Mashuriwibisonoamri@gmail.com05040620030
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSopwan, Novisopwan@uinsby.ac.id2021118402
Subjects: Astronomi
Komunikasi
Teknologi
Falak
Keywords: Qibla Hilal Automotion Direction; Qhad
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Falak
Depositing User: Amri Mashuri Wibisono
Date Deposited: 03 Aug 2024 03:46
Last Modified: 03 Aug 2024 03:46
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/72653

Actions (login required)

View Item View Item