Uji akurasi arah kiblat Masjid Aschabul Kahfi Perut Bumi Al Maghribi Tuban

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sari, Leni Kavita (2021) Uji akurasi arah kiblat Masjid Aschabul Kahfi Perut Bumi Al Maghribi Tuban. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Leni Kavita Sari_C08216008 OK.pdf

Download (464kB)
[img] Text
Leni Kavita Sari_C08216008 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 5 August 2027.

Download (3MB)

Abstract

Metode penelitian yang digunakan adalah dengan menggunakan metode kualitatif. Data-data yang dikumpulkan mengenai sejarah berdirinya Masjid Aschabul Kahfi Perut Bumi Al Maghribi Tuban. Metode dalam menentukan arah kiblat dan arah kiblat masjid saat ini dengan beberapa tehnik yaitu observasi, wawancara, dokumen yang berasal dari wakil pengasuh masjid. Data dianalisis dengan tehnik deskriptif untuk menerapkan metode yang digunakan dalam masjid. Berdasarkan hasil penelitian ini bahwa dalam penentuan arah kiblat pada Masjid Aschabul Kahfi Perut Bumi Tuban tidak berpedoman pada bayang-bayang Matahari melainkan menggunakan alat bantu kompas. Adapun dengan hasil akurasi arah kiblat pada masjid tersebut sebesar 294°6'21.7" dengan kemiringan 5° ke arah utara. Pengukuran menggunakan alat yaitu Mizwala Qibla Finder dan Nautical Almanac serta menggunakan alat bantu laser. Dari kesimpulan di atas memiliki saran bahwa apabila sebagai umat Islam hal tersebut sangat penting dan harus teliti dalam arah kiblat. serta apabila membangun masjid seharusnya terlebih dahulu memperhatikan arah kiblatnya dan bisa saja melalui lembaga seperti lembaga falakiyah pada masing-masing wilayah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sari, Leni Kavitasarikavita7991@gmail.comC08216008
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisoral-Hamidy, Abu Dzarrinadzarrin2015@gmail.com ; dzar_alif@yahoo.co.id2004067302
Subjects: Agama
Ibadah
Masjid
Pendidikan Islam
Keywords: Shalat; Kiblat; Arah Kiblat
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Falak
Depositing User: Leni Kavita Sari
Date Deposited: 05 Aug 2024 04:04
Last Modified: 05 Aug 2024 04:04
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/72656

Actions (login required)

View Item View Item