Perilaku belanja online muslim generasi Z Kecamatan Mojosari-Mojokerto perspektif konsumsi Islami

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Falah, Muhammad Fajrul (2024) Perilaku belanja online muslim generasi Z Kecamatan Mojosari-Mojokerto perspektif konsumsi Islami. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Fajrul Falah_02040322038 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 2 August 2027.

Download (2MB)
[img] Text
Muhammad Fajrul Falah_02040322038.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tesis ini berjudul “Perilaku Belanja Online Muslim Generasi Z Kecamatan Mojosari-Mojokerto Perspektif Konsumsi Islami”. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi perilaku belanja online Muslim generasi Z di Kecamatan Mojosari-Mojokerto, dan untuk menganalisis perilaku belanja online Muslim generasi Z di Kecamatan Mojosari-Mojokerto perspektif konsumsi Islami. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Pengambilan data dengan cara wawancara dan dokumentasi kepada para informan Muslim generasi Z Kecamatan Mojosari Kabupaten Mojokerto yang di ambil dari 5 kelompok/komunitas untuk menggali pengalaman konsumsi belanja online di e-commerce, serta bagaimana analisis perspektif Islam yaitu perilaku konsumsi Islami dan rasionalitas ekonomi Islam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, dari sisi faktor permintaan: 1) Pendapatan berhubungan dengan tingkat belanja online. 2) Harga sangat penting dalam membentuk keputusan pembelian. 3) Selera setiap individu berbeda-beda, ada konsumen yang suka produk murah dan ada juga yang suka produk mahal. 4) Hampir semua informan menyatakan respon positif terhadap insentif ekonomi (diskon/promo). Lalu dalam hal berlangganan, setiap informan memiliki kepentingan masing-masing, sehingga ada yang merasa perlu berlangganan dan ada yang merasa tidak perlu. 5) Tidak semua konsumen menjadikan bestseller product sebagai indikator pembelian. Kedua, berdasarkan perspektif Islam perilaku informan dijelaskan antara lain: 1) Kualitas dan produk original menjadi tolak ukur mereka dalam menentukan keputusan. 2) Informan membeli barang berdasarkan rating, harga, deskripsi, ulasan pengguna dan bestseller, sehingga dari data informasi tersebut tranksaksi belanja online menjadi transparan dan jujur. 3) Hampir semua informan berbelanja karena memang kebutuhan, serta menyesuaikan kemampuan finansial, dan kebanyakan informan rata-rata hanya belanja 1-2 kali perbulan. 4) Para informan tidak membeli kategori barang yang dilarang Islam, mereka justru melahirkan perputaran roda ekonomi. 5) Mayoritas informan memasukan ke keranjang akun terlebih dahulu sebelum membeli barang untuk menghindari impulsif, dan mayoritas dari mereka menggunakan fitur bayar ditempat (COD) dan shopeepay, sehingga tidak melanggar aturan agama. Saran penelitian yaitu: 1) Bagi calon konsumen maupun yang telah menjadi konsumen sebaiknya lebih teliti dalam melakukan praorder suatu barang di e-commerce. 2) Bagi produsen sebaiknya memberikan informasi produk yang lebih detail, transparan dan jujur. 3) Bagi peneliti selanjutnya, dengan perbedaan wilayah (lokasi) dan perkembangan teknologi, kedepannya mungkin akan didapati perbedaan perilaku konsumen pada belanja online di e-commerce. 4) Bagi pengambil kebijakan diharap dapat memberikan sebuah regulasi yang akan memberikan manfaat untuk perekonomian digital.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Falah, Muhammad Fajrulmuhammadfajrulfalah78@gmail.com02040322038
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRahmawati, Liliklilikrahmawati@uinsa.ac.id198106062009012008
Thesis advisorHakim, Abdulhakim.febi@gmail.com2004087004
Subjects: Ekonomi
Perilaku
Keuangan
Keywords: Perilaku ekonomi; muslim generasi Z; belanja online; konsumsi Islami
Divisions: Program Magister > Ekonomi Syariah
Depositing User: Muhammad Fajrul Falah
Date Deposited: 02 Aug 2024 08:25
Last Modified: 02 Aug 2024 08:25
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/72670

Actions (login required)

View Item View Item