Pendampingan kader Surabaya hebat dalam pengelolaan sampah plastik di Kelurahan Gunung Sari Kecamatan Dukuh Pakis Kota Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Pranata, Ikhsan Hendra Hadi (2024) Pendampingan kader Surabaya hebat dalam pengelolaan sampah plastik di Kelurahan Gunung Sari Kecamatan Dukuh Pakis Kota Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ikhsan Hendra Hadi Pranata_04010220007_Full.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Ikhsan Hendra Hadi Pranata_04010220007.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Ikhsan Hendra Hadi Pranata_04010220007_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 8 September 2027.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian yang dilakukan dengan basis pendampingan ini membahas tentang pendampingan Kader Surabaya Hebat melalui sampah plastik yang berada di RW 01 Kelurahan Gunung Sari Kota Surabaya. Pendampingan ini berfokus pada yang pertama adalah membuat suatu strategi pendampingan kepada KSH. Kedua, mengetahui hasil dari pendampingan yang telah dilakukan, dan yang terakhir adalah relevansi pendampingan KSH dengan dakwah pengembangan masyarakat Islam. Proses penelitian ini menggunakan metode ABCD (Asset Based Community Development) pendekatan ini berbasis aset dan kemudian memanfaatkan aset yang dimiliki oleh masyarakat RW 01 dengan menggunakan tahapan 5D yaitu: Discovery, Dream, Design, Define, dan Destiny. Hasil dari pendampingan ini adalah, Kelompok KSH mampu mengelola aset yang berada di sekitar mereka. Mampu menciptakan semangat dan ke-kreativitasan dalam mengelola aset yang mereka miliki. Menciptakan lingkungan yang bersih serta menambah pengasilan KSH dalam menjual barang kerajinan dari sampah plastik. Melalui pendampingan ini, limbah sampah plastik tersebut dapat diolah menjadi kerajinan tangan yang kemudian memiliki nilai jual.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Pranata, Ikhsan Hendra Hadiikhsanshendra@gmail.com04010220007
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAnsori, Mohammadanshormoh75@gmail.com2018087502
Subjects: Masyarakat Islam
Pengabdian Masyarakat
Pemberdayaan
Keywords: Pendampingan KSH; sampah plastik; dakwah pengembangan masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Ikhsan Hendra Hadi Pranata
Date Deposited: 08 Aug 2024 02:29
Last Modified: 08 Aug 2024 02:29
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/72713

Actions (login required)

View Item View Item