Budaya politik masyarakat dalam Pemilihan kepala desa: studi kasus Desa Pacing Kecamatan Sukosewu Kabupaten Bojonegoro tahun 2020

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Listiana, nofi Leka (2024) Budaya politik masyarakat dalam Pemilihan kepala desa: studi kasus Desa Pacing Kecamatan Sukosewu Kabupaten Bojonegoro tahun 2020. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nofi Leka Listiana_10010120017.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Nofi Leka Listiana_10010120017_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 August 2027.

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis Budaya Politik Masyarakat dalam Pemilihan Kepala Desa (Studi Kasus Desa Pacing Kecamatan Sukosewu Kabupaten Bojonegoro tahun 2020). Penelitian ini merupakan jenis penelitian Kualitatif. Permasalahan yang dikaji dalam skripsi ini adalah bagaimana Aspek-Aspek budaya politik, orientasi politik, dan tipe budaya politik Masyarakat Desa Pacing Kecamatan Sukosewu Kabupaten Bojonegoro. Peneliti mengangkat judul ini karena mayoritas masyarakat Desa Pacing cenderung memilih calon kepala desa dari selatan sungai yang berada di pertengahan Desa Pacing. Selain itu, penelitian ini bertujuan untuk mengurai perilaku, sikap, dan prinsip masyarakat Desa Pacing. Konteks politiknya adalah mekanisme Pemilihan Kepala Desa yang dilaksanakan pada tahun 2020, di mana pada Pilkades digunakan sebagai alat ukur untuk melihat budaya politik masyarakat Desa Pacing. Data primer dalam penelitian ini diperoleh dari Sekretariat desa dan masyarakat Desa Pacing, sedangkan data sekunder diperoleh dari skripsi, tesis, arsip-arsip, dokumentasi, PDF, dan website yang terkait dengan penelitian. Teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Bahwa masyarakat Desa Pacing menunjukkan minat yang tinggi terhadap pemilihan kepala desa serentak ini, secara keseluruhan, meskipun ada satu informan yang kurang tertarik. Karakteristik budaya politik masyarakat Desa Pacing dapat dikategorikan ke dalam tipe Subjek, Kaula, dan Partisipan. Penelitian ini juga mengungkapkan bahwa orientasi politik masyarakat desa Pacing relatif tinggi terhadap sistem politik secara umum. Secara spesifik, budaya politik masyarakat Desa Pacing dapat dikelompokkan ke dalam tipe Budaya Politik Subjek/Kaula dan Partisipan, karena mereka menunjukkan ciri-ciri dari kedua tipe budaya politik tersebut.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Listiana, nofi Lekanovileka19@gmail.com10010120017
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNurhayati, Aniekaniekn@gmail.com2007096902
Subjects: Kepala Desa
Masyarakat
Budaya
Keywords: Masyarakat; orientasi politik; tipe Budaya Politik
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: Nofi Leka Listiana
Date Deposited: 07 Aug 2024 03:24
Last Modified: 07 Aug 2024 03:25
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/72717

Actions (login required)

View Item View Item