Tradisi peringatan Maulid Nabi di Pondok Pesantren Sunan Ampel Jombang : kajian Etnografi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zahro, Rahmatuz (2024) Tradisi peringatan Maulid Nabi di Pondok Pesantren Sunan Ampel Jombang : kajian Etnografi. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rahmatuz Zahro_04020120059 OK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Rahmatuz Zahro_04020120059 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 September 2027.

Download (2MB)

Abstract

Islam memiliki keterkaitan yang erat dengan tradisi-tradisi di Indonesia. Salah satu tradisi yang masih dilestarikan dan terus dipertahankan hingga kini adalah tradisi maulid nabi di Pondok Pesantren Sunan Ampel Jombang. Tidak seperti tradisi pada umumnya, tradisi maulid nabi ini dilaksanakan selama sepuluh hari berturut-turut mulai dari tanggal satu hingga sepuluh Rabiul Awal. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi model Spradley. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prosesi tradisi peringatan maulid nabi di Pondok Pesantren Sunan Ampel Jombang dan pesan dakwah yang terkandung dalam tradisi peringatan maulid nabi di Pondok Pesantren Sunan Ampel Jombang. Hasil penelitian menunjukkan prosesi dalam tradisi maulid nabi di Pondok Pesantren Sunan Ampel Jombang diawali dengan pembacaan sholawat salam, pembacaan doa pembuka, pembacaan dan pemaknaan kitab Barzanji dan ditutup dengan doa. Sedangkan pada puncak tradisi maulid nabi diawali dengan pembacaan Manaqib, pembagian konsumsi, pembacaan Maulid Simtudduror, Mauidzhoh hasanah, dan ditutup dengan doa. Selain itu dalam tradisi maulid nabi di Pondok Pesantren Sunan Ampel Jombang mengandung pesan dakwah akidah, syariah, dan akhlak. Peneliti merekomendasikan supaya dalam penelitian selanjutnya mampu memperdalam penelitian terkait maulid nabi di Pondok Pesantren Sunan Ampel Jombang dengan metode atau cara yang berbeda, Sehingga penelitian tersebut memiliki aspek atau wawasan baru yang lebih mendalam.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zahro, Rahmatuz04020120059@student.uinsby.ac.id04020120059
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorPrihananto, Prihanantoprih4n4nto@gmail.com2030126801
Subjects: Dakwah > Pesan Dakwah
Pesan Dakwah

Tradisi Islam
Keywords: Tradisi Maulid Nabi; Etnografi; Pesan Dakwah.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Rahmatuz Zahro
Date Deposited: 01 Sep 2024 03:09
Last Modified: 01 Sep 2024 03:09
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/72727

Actions (login required)

View Item View Item