Pemberdayaan kelompok kader Surabaya hebat dalam upaya meningkatkan ekonomi masyarakat Kampung Asem Bolong RW 05 Kelurahan Siwalankerto Kecamatan Wonocolo Kota Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Maulana, Rizal Sailum (2024) Pemberdayaan kelompok kader Surabaya hebat dalam upaya meningkatkan ekonomi masyarakat Kampung Asem Bolong RW 05 Kelurahan Siwalankerto Kecamatan Wonocolo Kota Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rizal Sailum Maulana_04040220082 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 September 2027.

Download (2MB)
[img] Text
Rizal Sailum Maulana_04040220082.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai pemberdayaan masyarakat di Kelurahan Siwalankerto dalam upaya meningkatkan ekonomi melalui pemanfaatan aset ikan lele untuk menciptakan kemandirian ekonomi. Alasan peneliti memilih tema ini karena banyaknya aset ikan lele yang kurang di kelola dengan baik dan dapat meningkatkan ekononomi masyrakat RW 05 Kelurahan Siwalankerto. Penelitian ini menggunakan pendeketan ABCD ( Aset Baased Communityi Development ) yakni pemberdayaan masyarakat yang dilakukan dengan memanfaatkan aset yang dimiliki untuk menuju perubahan. Berdasar pada aset dan impian untuk mengembangkan aset dan potensi yang ada yakni ikan lele. Perubahan yang terjadi setelah adanya pendampingan adalah adanya identitas produk, pengusaha gerabah memahami pentingnya legalitas usaha dan telah memiliki NIB, edukasi dan pelatihan pemasaran online, masyarakat telah menggunakan media sosial untuk perluasan pemasaran rolade Ikan Lele, dan terbentuknya kelompok usaha bersama. Secara Umum penyampaian dakwah tidak hanya sebatas ceramah, namun juga dapat diwujudkan melalui aksi sosial yang biasa disebut dengan dakwah bil hal. Contoh implementasi dakwah bil hal adalah upaya pemberdayaan masyarakat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Maulana, Rizal Sailum04040220082@student.uinsby.ac.id04040220082
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFalasifah, Nihlatulnihlatul.falasifah@uinsby.ac.id199307272020122030
Subjects: Ekonomi
Dakwah > Pengembangan Masyarakat
Wirausaha
Keywords: Pemberdayaan; ekonomi; Ibu-ibu KSH; Ikan Lele
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Rizal Sailum Maulana
Date Deposited: 04 Sep 2024 04:45
Last Modified: 04 Sep 2024 04:45
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/72736

Actions (login required)

View Item View Item