Pengaruh sistem informasi akuntansi terhadap kualitas laporan keuangan pada koperasi dengan Good Corporate Governance sebagai variabel pemoderasi: studi empiris pada Koperasi Konsumen Setia Bhakti Wanita Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Qalbi, Jauharul (2024) Pengaruh sistem informasi akuntansi terhadap kualitas laporan keuangan pada koperasi dengan Good Corporate Governance sebagai variabel pemoderasi: studi empiris pada Koperasi Konsumen Setia Bhakti Wanita Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Jauharul Qalbi_08020220067.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Jauharul Qalbi_08020220067_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 13 August 2027.

Download (4MB)

Abstract

Sistem Informasi Akuntansi merupakan teknologi yang dapat mempengaruhi kualitas laporan keuangan. Dalam penelitian ini terdapat variabel lain yang dapat mempengaruhi SIA dalam menghasilkan laporan keuangan yang berkualitas. Penelitian ini bertujuan untuk menguji, menganalisis, dan membuktikan pengaruh variabel SIA terhadap kualitas laporan keuangan dengan Good Corporate Governance sebagai variabel pemoderasi. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif dengan metode uji Moderated Regression Analysis atau (MRA) dan proses pengolahan data menggunakan SPSS versi 26. Teori pada penelitian menggunakan teori Stakeholder. Penelitian ini dilakukan di Koperasi Konsumen Setia Bhakti Wanita Surabaya dengan populasi dan sampel adalah seluruh pengurus dan karyawan Koperasi. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik non probability sampling dengan kategori sensus atau sampling total. Hasil penelitian ini menunjukkan variabel SIA berpengaruh signifikan terhadap kualitas laporan keuangan dengan persentase sebesar 4.9%. Setelah dimoderasi oleh GCG pengaruh tersebut meningkat menjadi 61.8%. Artinya GCG sebagai variabel moderasi mempunyai pengaruh yang baik terhadap SIA dalam menghasilkan laporan keuangan yang berkualitas pada Koperasi Konsumen Setia Bhakti Wanita. Penelitian ini merekomendasikan pada penelitian selanjutnya untukmenggunakan variabel yang belum banyak digunakan serta menambah variabel lain. Bagi koperasi diharapkan dapat mengikuti perkembangan teknologi, terutama pada sektor akuntansi. Serta bagi pemerintah khususnya Dinas Koperasi diharapkan melakukan penyuluhan bagi koperasi yang belum menggunakan SIA dalam proses pembuatan laporan keuangan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Qalbi, Jauharul08020220067@student.uinsby.ac.id08020220067
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorWahyudi, Noorn.wahyudi@uinsby.ac.id2023038401
Subjects: Akuntansi
Bank Koperasi
Koperasi
Keywords: Sistem informasi akuntansi; good corporate governance dan kualitas laporan keuangan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi
Depositing User: Jauharul Qalbi
Date Deposited: 13 Aug 2024 07:42
Last Modified: 13 Aug 2024 07:42
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/72751

Actions (login required)

View Item View Item