Pengaruh ekspor dan impor terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia dengan kurs mata uang sebagai variabel mediasi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rokhmanto, Ahmad Reza (2024) Pengaruh ekspor dan impor terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia dengan kurs mata uang sebagai variabel mediasi. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ahmad_Reza_Rokhmanto_08040120076.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Ahmad_Reza_Rokhmanto_08040120076_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 23 September 2027.

Download (3MB)

Abstract

Pertumbuhan ekonomi merupakan suatu indikator makro untuk menilai kinerja perekonomian suatu wilayah secara real. Tujuan dari penelitian ini untuk menguji pengaruh ekspor dan impor terhadap pertumbuhan ekonomi dengan kurs mata uang sebagai variabel mediasi. Penelitian dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan adalah data sekunder, dengan populasi data adalah kinerja perekonomian Indonesia tahun 2018 - 2023. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis jalur dengan menggunakan bantuan software eviews12. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekspor memiliki pengaruh signifikan terhadap kurs mata uang, sedangkan impor tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kurs mata uang. Ekspor dan kurs mata uang berpengaruh signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi, namun impor tidak berpengaruh signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi. Kurs mata uang hanya dapat memediasi pengaruh signifikan ekspor terhadap pertumbuhan ekonomi. Penelitian ini memberikan rekomendasi terhadap pemerintah Indonesia agar memaksimalkan ekspor produk manufaktur agar dapat meningkatkan kinerja perekonomian Indonesia melalui pertumbuhan ekonomi. Penelitian ini juga memberikan saran terhadap peneliti selanjutnya agar menggunakan menggunakan variabel kebijakan moneter maupun fiscal yang mungkin memiliki pengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi. Penelitian selanjutnya juga disarankan menggunakan objek penelitian dengan lebih spesifik seperti misalnya nilai ekspor dan impor sektor ekonomi kreatif maupun teknologi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rokhmanto, Ahmad Rezaachmedreza08@gmail.com08040120076
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMansur, Ahmadamansur.uinsa@gmail.com2024097101
Subjects: Ekonomi
Mata Uang
Keywords: Pertumbuhan ekonomi; ekspor; impor; nilai tukar
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Ahmad Reza Rokhmanto
Date Deposited: 23 Sep 2024 06:16
Last Modified: 23 Sep 2024 06:16
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/72778

Actions (login required)

View Item View Item