Analisis peran pemerintah dalam meningkatkan daya saing UMKM kue lokal di kampung kue rungkut lor surabaya tahun 2023

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wardani, Andini Delia (2024) Analisis peran pemerintah dalam meningkatkan daya saing UMKM kue lokal di kampung kue rungkut lor surabaya tahun 2023. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Andini Delia Wardani_08010120005_Full.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Andini Delia Wardani_08010120005.pdf
Restricted to Repository staff only until 15 August 2027.

Download (3MB)

Abstract

Dukungan dari pemerintah diharapkan UMKM kreatif dan digital dapat bertahan, berkembang, dan menjadi lebih kompetitif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran pemerintah sebagai stabilisator, inovator, dan pelopor terhadap daya saing UMKM di Kampung Kue Rungkut Lor Surabaya tahun 2023. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Fenomenologi merupakan metode penelitian kualitatif yang bertujuan mengungkapkan makna bersama suatu konsep atau fenomena. Pendekatan ini menyoroti pengalaman sadar dan individual yang dialami oleh sekelompok individu dalam kehidupan mereka. Jumlah narasumber dalam penelitian ini sebanyak enam orang. Penelitian ini menggunakan metode observasi lapangan, wawancara mendalam, dokumentasi dan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemerintah memainkan peran penting sebagai stabilisator, inovator dan pelopor dalam pertumbuhan UMKM di Kampung Kue Rungkut Lor Surabaya melalui kebijakan bantuan modal, dukungan infrastruktur, mengembangkan hal baru, memfasilitasi hubungan dagang dengan UMKM, dan mendorong kerja berpikiran terbuka. Dengan dukungan pemerintah yang kuat, UMKM lokal dapat meningkatkan daya saingnya secara signifikan melalui harga bersaing, peningkatan kualitas produk, dan fleksibilitas. Peningkatan daya saing ini tidak hanya berdampak positif pada usaha mereka sendiri, tetapi juga berkontribusi pada perekonomian lokal. Pertumbuhan UMKM yang sehat menciptakan lapangan kerja baru, meningkatkan pendapatan masyarakat, dan pada akhirnya membantu mengurangi tingkat pengangguran di kawasan tersebut. Dukungan pemerintah terbukti efektif dalam memperkuat fondasi ekonomi lokal melalui pemberdayaan UMKM, yang menjadi tulang punggung perekonomian daerah. Penelitian ini memberikan pemahaman mendalam tentang bagaimana peran pemerintah dapat memperkuat UMKM sebagai penggerak ekonomi lokal, dengan implikasi kebijakan yang mendukung pertumbuhan sektor ini.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wardani, Andini Deliaandinidw0@gmail.com08010120005
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorIstiandari, Debby Nindyadebbynindya@gmail.com0414129501
Subjects: Ekonomi
Kebijakan Publik
Wirausaha
Keywords: Daya Saing; UMKM Kampung Kue; peran pemerintah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Andini Delia Wardani
Date Deposited: 15 Aug 2024 01:07
Last Modified: 15 Aug 2024 01:07
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/72789

Actions (login required)

View Item View Item