Peran komunitas pojok kampung dalam meningkatkan kepedulian sosial warga di Kelurahan Manukan Kulon Kecamatan Tandes Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Latifah, Nurul (2024) Peran komunitas pojok kampung dalam meningkatkan kepedulian sosial warga di Kelurahan Manukan Kulon Kecamatan Tandes Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nurul Latifah_10010320020.pdf

Download (6MB)
[img] Text
Nurul Latifah_10010320020_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 26 August 2027.

Download (6MB)

Abstract

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini yaitu 1) Bagaimana peran komunitas pojok kampung dalam meningkatkan kepedulian sosial warga 2) Bagaimana kegiatan-kegiatan yang dilakukan komunitas pojok kampung dalam meningkatkan kepedulian sosial warga.Metode penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Serta peneliti mengaplikasikan pendekatan Teori Struktural Fungsional Talcott Parsons.Dari hasil temuan peneliti ada dua: 1) Peran komunitas pojok kampung dalam meningkatkan kepedulian sosial warga di Kelurahan Manukan Kulon Kecamatan Tandes Surabaya, melalui kegiatan-kegiatan komunitas yang selalu mengajak warga RW 08 untuk ikut serta dalam kegiatan-kegiatan sosial yang dilakukan komunitas. Maka peran komunitas pojok kampung dalam meningkatkan kepedulian sosial warga adalah dengan cara melibatkan warga untuk ikut serta dalam kegiatan-kegiatan sosial yang dilakukan oleh komunitas. 2) Kegiatan-kegiatan sosial yang dilakukan komunitas pojok kampung dalam meningkatkan kepedulian sosial warga, yakni kegiatan bakti sosial korban bencana alam banjir dan tanah longsor di Pacitan, kegiatan pengajian akbar, kegiatan santunan anak yatim dan dhuafa yang dilakukan secara bersamaan dengan kegiatan bagi-bagi takjil dan buka bersama.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Latifah, Nurulnurullatifah0513@gmail.com10010320020
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorIsmail, Muchammadmuhammad.ismail@uinsby.ac.id2003058001
Subjects: Sosiologi
Keywords: Peran komunitas; kepedulian sosial; warga
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Nurul Latifah
Date Deposited: 26 Aug 2024 07:56
Last Modified: 26 Aug 2024 07:56
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/72806

Actions (login required)

View Item View Item