Penerapan rational emotive behaviour therapy dengan bersholawat untuk meningkatkan motivasi belajar pada remaja yang insecure karena putus sekolah di Desa Jogodalu Kecamatan Benjeng Kabupaten Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Firda, Usfatun (2022) Penerapan rational emotive behaviour therapy dengan bersholawat untuk meningkatkan motivasi belajar pada remaja yang insecure karena putus sekolah di Desa Jogodalu Kecamatan Benjeng Kabupaten Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Usfaatun Firda_B93217163.pdf

Download (14MB)
[img] Text
Usfaatun Firda_B93217163_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 26 August 2027.

Download (14MB)

Abstract

Penerapan Rational Emotive Behaviour Therapy Dengan Bersholawat Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Pada Remaja Yang Insecure Karena Putus Sekolah Di Desa Jogodalu Kecamatan Benjeng Kabupaten Gresik Peneliti ini mengangkat permasalahan 1) Bagaimana proses Penerapan Rational Emotive Behaviour Therapy Dengan Bersholawat Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Pada Remaja Yang Insecure Karena Putus Sekolah Di Desa Jogodalu Kec. Benjeng Kab. Gresik? 2) Bagaimana hasil penerapan Rational Emotive Behaviour Therapy Dengan Bersholawat Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Pada Remaja Yang Insecure Karena Putus Sekolah Di Desa Jogodalu Kec. Benjeng Kab. Gresik ? Untuk mmenjawab pesoalan yang ada, peneliti ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus, kemudian mengupulkan datanya melalui wawancara, observasi dan dokumentasi, sedangkan Teknik Analisa data yang digunakan adalah deskriptif komparatif dengan membandingkan data teori dan lapangan dan hasil sebelum dan sesudah konseling dilakukan. Proses pelaksanaan konseling dilakukan dengan menerapkan tahapan yang dimulai dari identifikasi masalah, prognosis, diagnosis, treatment, dan follow up. Treatment dilakukan dengan menambahkan Terapi islam dengan bersholawat ke dalam Teknik Kognitif pada bagian terapi untuk menghilangkan rasa insecure karena putus sekolah dan menambah semangat belajar siswa remaja di Kelurahan Jogodalu Kecamatan Benjeng Kabupaten Gresik. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi perubahan pada diri konseli berupa rasa insecure yang membuat konseli menjadi minder dan tidak percaya diri dan kebiasaan buruknya yang mulaiperlahan dihindari. Artinya, konseli telah mampu mengendalikan dirinya dan mengubah perilakunya yang mengarah pada rasa insecure.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Firda, Usfatunusfafirda@gmail.comB93217163
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFahmi, Lukmanlukmanfahmi21@g.mail.com2021117301
Subjects: Motivasi Belajar
Remaja
Terapi
Keywords: Rational emotive behaviour therapy (REBT); teknik kognitif; sikap insecure; putus sekolah; motivasi belajar
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Usfaatun Firda
Date Deposited: 26 Aug 2024 08:08
Last Modified: 26 Aug 2024 08:08
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/72808

Actions (login required)

View Item View Item