Pengaruh literasi keuangan, skala usaha, dan kompetensi sumber daya manusia terhadap penggunaan sistem informasi akuntansi pada umkm di Kecamatan Waru Kota Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Atiningrum, Fira Dwiana (2024) Pengaruh literasi keuangan, skala usaha, dan kompetensi sumber daya manusia terhadap penggunaan sistem informasi akuntansi pada umkm di Kecamatan Waru Kota Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fira Dwiana Atiningrum_08020220065.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Fira Dwiana Atiningrum_08020220065_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 28 August 2027.

Download (2MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Pengaruh Literasi Keuangan, Skala Usaha, dan Kompetensi Sumber Daya Manusia Terhadap Penggunaan Sistem Informasi Akuntansi Pada UMKM Di Kecamatan Waru Kota Sidoarjo” penelitian ini membahas tentang pengaruh dari literasi keuangan pelaku usaha mikro kecil dan menengah dalam mengelola keuangan, skala usaha dalam memanfaatkan adanya penggunaan sistem informasi akuntansi pada UMKM, dan kompetensi sumber daya manusia dalam membuat laporan keuangan secara efektif dan efisien. Terdapat rumusan masalah dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh literasi keuangan, skala usaha, dan kompetensi sumber daya manusia terhadap penggunaan sistem informasi akuntansi pada UMKM di Kecamatan Waru Kota Sidoarjo. Pendekatan penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan data primer melalui penyebaran kuesioner. Teknik penarikan sampel adalah accidental sampling dengan jumlah sampel sebanyak 97 responden. Teknik analisis data menggunakan teknik Statistical Product and Service Solutions (SPSS) 27. Hasil penelitian menunjukkan bahwa literasi keuangan berpengaruh secara positif signifikan terhadap penggunaan sistem informasi akuntansi. Skala usaha berpengaruh berpengaruh secara positif signifikan terhadap penggunaan sistem informasi akuntansi. Kompetensi sumber daya manusia berpengaruh berpengaruh secara positif signifikan terhadap penggunaan sistem informasi akuntansi. Serta literasi keuangan, skala usaha, dan kompetensi sumber daya manusia berpengaruh secara simultan terhadap penggunaan sistem informasi akuntansi. Berdasarkan hasil tersebut, diharapkan bagi pemerintah untuk terus melakukan sosialisasi dan edukasi kepada pelaku UMKM guna meningkatkan pengetahuan dan kompetensi. Karena dengan meningkatkan ketiga variabel tersebut dapat meningkatkan penggunaan sistem informasi akuntansi untuk mengembangkan usahanya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Atiningrum, Fira Dwianafiradwiana09@gmail.com08020220065
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorLathifah, Nurulnurullathifah.febiuinsa@gmail.com0728058901
Subjects: Akuntansi
Keywords: Literasi keuangan; skala usaha; kompetensi sumber daya manusia; penggunaan sistem informasi akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi
Depositing User: Fira Atiningrum
Date Deposited: 28 Aug 2024 05:09
Last Modified: 28 Aug 2024 05:09
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/72865

Actions (login required)

View Item View Item