تطبيق طريقتي "أمثلتي" و"المفتاح للعلوم" لمهارة القراءة (دراسة مقارنة بين طريقتي "أمثلتي" و"المفتاح للعلوم" لدى الطلاب الإعدادية في معهد شيخنا محمد خليل الإسلامي بنجكلان)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Arifin, Zainal (2021) تطبيق طريقتي "أمثلتي" و"المفتاح للعلوم" لمهارة القراءة (دراسة مقارنة بين طريقتي "أمثلتي" و"المفتاح للعلوم" لدى الطلاب الإعدادية في معهد شيخنا محمد خليل الإسلامي بنجكلان). Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Zainal Arifin_F02617212.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Zainal Arifin_F02617212_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 27 August 2027.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini didasarkan terhadap ketidak pahaman secara mendalam terhadap kelebihan dan kekurangan metode Amtsilati dan al-Miftah Lil Ulum untuk meningkatkan kompetensi membaca, serta ketidak pahaman secara mendalam terhadap penerapan metode Amtsilati dan al-Miftah Lil Ulum untuk meningkatkan kompetensi membaca. Untuk mengurai permasalahan di atas, maka peneliti melakukan kajian ini untuk mengetahui kesamaan dan perbedaan antara metode Amtsilati dan metode al-Miftah Lil Ulum dari empat komponen strategi pembelajaran yaitu: tujuan, bahan pelajaran, strategi yang digunakan dalam kegiatan belajar mengajar dan evaluasi dan penelitian ini juga untuk memperjelas praktik penerapan metode Amtsilati dan metode al-Miftah Lil Ulum terhadap santri-santri tingkat i’dadiyah di pondok pesantren Syaichona Moh. Cholil Bangkalan serta kemampuan santri-santri tersebut di dalam membaca kitab klasik. Untuk mencapai tujuan di atas peneliti menggunakan konsep penelitian Research and Development (R&D) dengan metode kualitatif deskriptif, oleh karenanya peneliti memakai metode studi kasus yaitu sebuah metode peneletian untuk mengetahui persamaan dan perbedaan yang ada dalam dua veriabel yang hampir serupa, adapun sumber data dalam penelitian ini ada terbagi menjadi dua yaitu: data primer dan data sekunder dimana data-data tersebut peneliti kumpulkan menggunakan metode observasi, wawancara, dokumen dan ujian kemudian peneliti menganalisanya dengan teknik cheking, teknik organizing, komparasi kemudian interpretasi, dan untuk mengokohkan keabsahan penelitian ini peneliti menggunakan teknik keabsahan data berupa trianggulasi data dan penggunaan referensi yang banyak. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa metode Amtsilati dan al-Miftah Lil Ulum memiliki sisi kesamaan dan sisi perbedaan dari segi tujuan, bahan pelajaran, strategi pembelajaran dan metode evaluasi, bahwa baik metode Amtsilati dan al-Miftah Lil Ulum sama-sama memiliki keunngulan dan kelemahan, keduanya merupakan dua metode yang simpel dan mudah dengan menyuguhkan berbagai contoh sebagai bahan demontrasi, metode Amtsilati lebih unggul daripada metode al-Miftah Lil Ulum dalam hal materi pembelajaran yang lebih lengkap dengan banyaknya contoh sebagai bahan demonstrasi akan tetapi dari sisi kemudahan materi pembelajaran, maka metode al-Miftah Lil Ulum lebih unggul daripada metoda Amtsilati demikian pula dalam hal sajian bahan ajar dimana metode al-Miftah Lil Ulum lebih baik dari metode Amtsilati, sedangkan untuk lulusan metode Amtsilati bisa membaca kitab klasik bahkan memahami maknanya hanya saja para murid harus menghafal banyak kosa kata karena untuk bisa membaca dibutuhkan pengetahuan terhadap makna kosa kata sedangkan lulusan metode al-Miftah Lil Ulum bisa membaca kitab klasik tanpa harus memahami arti setiap kosa kata dengan menggunakan ciri-ciri kalimat. Namun demikian ditemukan banyak implikasi dalam penerapan metode Amtsilati dan al-Miftah Lil Ulum terhadap santri-santri baru hususnya dalam hal pengembangan kompetensi membaca kitab klasik, alhasil bahwa dalam penerapan metode Amtsilati dan al-Miftah Lil Ulum terhadap santri-santri baru di Pondok Pesantren Syaichona Moh. Cholil Bangkalan mempunyai banyak sekali dampak positif.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Arifin, Zainalzaen.hn@gmail.comF02617212
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorTaufiq, Mirwan Akhmadmirwan_at@yahoo.com2014038501
Subjects: Bahasa Arab
Bimbingan Belajar
Metode Pembelajaran
Keywords: Metode; amtsilati; al Miftah lil Ulum; Syaichona Moh. Cholil
Divisions: Program Magister > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Zainal Arifin
Date Deposited: 27 Aug 2024 08:24
Last Modified: 27 Aug 2024 08:24
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/72871

Actions (login required)

View Item View Item