Studi analisis sistem pengamatan waktu fajar menggunakan kamera astronomi dengan kontrol jarak jauh

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Santoso, Muhammad Akhsan Fitri (2024) Studi analisis sistem pengamatan waktu fajar menggunakan kamera astronomi dengan kontrol jarak jauh. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Akhsan Fitri Santoso_05040620039.pdf

Download (6MB)
[img] Text
Muhammad Akhsan Fitri Santoso_05040620039_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 28 August 2027.

Download (6MB)

Abstract

Pengamatan waktu fajar merupakan kegiatan yang mempunyai peran penting dalam ilmu pengetahuan, khususnya dalam ilmu falak. Pengamatan waktu fajar mempunyai peranan penting dalam menentukan permulaan ibadah umat Muslim seperti ibadah puasa dan salat subuh. Penelitian ini merupakan jenis penelitian field research Metode yang digunakan mencakup observasi lokasi pengamatan, dan dokumentasi. Sumber data primer meliputi dokumentasi sistem dan hasil pengamatan. Adapun sumber data sekunder meliputi buku, karya ilmiah atau jurnal yang masih relevan dengan topik penelitian ini. Hasil penelitian ini merupakan rancangan sistem pengamatan waktu fajar menggunakan kamera astronomi dengan kontrol jarak jauh sehingga mempermudah pengamat ketika melakukan pengamatan. berdasarkan pengamatan waktu fajar yang dilakukan penulis dengan menggunakan sistem pengamatan waktu fajar di lokasi Bandung, Jawa barat. penulis melakukan analisa data untuk menentukan waktu cahaya fajar pertama kali terdeteksi oleh kamera astronomi dengan menggunakan dua metode analisis yaitu dengan metode bantuan garis lurus yang kemudian dilakukan zooming data secara visual dan metode menentukan nilai positif dan nilai negatif pada data nilai kecerlangan cahaya. Hasil analisa data tersebut menunjukkan bahwa cahaya fajar pertama kali terdeteksi oleh kamera astronomi yaitu pada pukul 04:30 WIB. Saran dari penulis yaitu bagi peneliti selanjutnya supaya melakukan penelitian secara berkala dan mengumpulkan lebih banyak data dengan tujuan untuk meningkatkan akurasi hasil analisis. Penelitian ini bisa dikembangkan lebih lanjut terkait bagaimana pengaruh cuaca terhadap pengamatan waktu fajar.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Santoso, Muhammad Akhsan Fitri0504060039@student.uinsby.ac.id05040620039
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSopwan, Novisopwan@uinsby.ac.id2021118402
Subjects: Fikih
Agama dan Ilmu Pengetahuan
Falak
Keywords: Ilmu falak
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Falak
Depositing User: Muhammad Akhsan Fitri Santoso
Date Deposited: 28 Aug 2024 06:52
Last Modified: 28 Aug 2024 06:52
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/72878

Actions (login required)

View Item View Item