EFEKTIFITAS METODE CERAMAH PLUS DEMONSTRASI DAN LATIHAN (CPDL) DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PSIKOMOTORIK SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SMP NEGERI 11 SURABAYA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Masrur, Mohom (2009) EFEKTIFITAS METODE CERAMAH PLUS DEMONSTRASI DAN LATIHAN (CPDL) DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PSIKOMOTORIK SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SMP NEGERI 11 SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
bab1.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab2.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab3.pdf

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab4.pdf

Download (87kB) | Preview

Abstract

Banyak peserta didik yang menganggap bahwa pola pembelajaran yang diterapkan kurang memberikan kebebasan berpikir, hanya mengejar kurikulum semata, mengajarkan pengetahuan yang sulit dimengerti, tidak mengajarkan keterampilan praktis dan banyak mengasah kognitif saja. Sedangkan ranah afektif dan psikomotorik jarang dilibatkan. Selain itu, banyak guru yang cenderung memberikan tugas-tugas yang banyak, dengan hanya menuntut mereka agar mengerjakan secara maksimal tanpa memahami keadaan fisik dan psikis mereka sebagai potensi yang harus dikembangkan. Hal ini dapat dipastikan semangat belajar pun tidak termotivasi dengan baik.
Salah satu upaya guru dalam menanggulangi hal tersebut diatas dengan menggabungkan beberapa metode pengajaran, salah satu diantaranya yakni metode Ceramah Plus Demonstrasi dan Latihan (CPDL). Metode ini merupakan kombinasi antara kegiatan menguraikan materi pelajaran dengan kegiatan memperagakan dan latihan. Perpaduan ketiga metode ini diharapkan dapat membantu peserta didik untuk meningkatkan kemampuan psikomotoriknya dalam menguasai materi pendidikan agama islam, seperti pada pokok bahasan al quran, dan fiqih.
Untuk itulah penulis ingin menjawab masalah. Yang pertama, tentang bagaimana pelaksanaan metode Ceramah Plus Demonstrasi Dan Latihan (CPDL) dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI), kedua, bagaimanakah kompetensi psikomotorik siswa pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam, ketiga, adakah efektifitas metode Ceramah Plus Demonstrasi Dan Latihan (CPDL) dalam meningkatkan kompetensi psikomotorik siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMP Negeri 11 Surabaya.
Dalam penelitian ini, penulis menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Teknik yang digunakan adalah pada penelitian ini adalah metode observasi, interview, tes, dan dokumentasi sebagai cara untuk mengumpulkan data yang diperlukan dalam penelitian ini.
Untuk mengetahui ada tidaknya efektifitas dalam penggunaan metode CPDL dalam pembelajaran waqof, peneliti menggunakan rumus uji t, kemudian hasilnya dikonsultasikan pada tabel nilai t pada taraf signifikan 1% dan 5%. Hasilnya, to telah diperoleh sebesar 54,328782; sedangkan tt = 2,03 dan 2,72 maka t0 lebih besar dari pada tt, baik pada taraf signifikasi 5% maupun pada taraf 1%. Dengan demikian hipotesis alternatif atau Ha yang menyatakan efektifitas penggunaan metode Ceramah Plus Demonstrasi dan Latihan (CPDL) memberikan pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan kompetensi psikomotorik siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 11 Surabaya diterima atau disetujui.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Masrur, MohomUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Metode
Keywords: Metode Ceramah; PDemonstrasi; Latihan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 29 Oct 2009
Last Modified: 06 Feb 2015 08:03
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/7288

Actions (login required)

View Item View Item