Sejarah perjuangan dakwah KH. Muhammad Rois pada masyarakat Wadungasri Waru Sidoarjo 1980-2016

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Jauharuddin, Moch. Aflack (2023) Sejarah perjuangan dakwah KH. Muhammad Rois pada masyarakat Wadungasri Waru Sidoarjo 1980-2016. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Moch. Aflack Jauharuddin_A02219029.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Moch. Aflack Jauharuddin_A02219029_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 28 August 2027.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini mengangkat tentang biografi seorang kiai. Seorang yang hidup di suatu desa di kabupaten Sidoarjo. Persoalan yang peneliti haturkan adalah: 1) Bagaimana gambaran umum masyarakat Wadungasri. 2) Bagaimana perjalanan hidup KH. Muhammad Rois. 3) Apa peran KH. Muhammad Rois dalam masyarakat. Penelitian ini menggunakan perangkat ilmu sejarah dengan empat tahap metodenya yaitu heruistik, verifikasi, interpretasi, dan historiografi. Sumber primer penelitian ini adalah wawancara kepada pihak keluarga KH. Muhammad Rois dan kepada desa Wadungasri. Sementara literasi-literasi terkait Pondok pesantren Roudlotul Muta’allimin yang digunakan memainkan peran sumber sekunder.Teori peran milik Graham C. Kinloch berperan sebagai instrumennya, sementara pendekatannya ialah historis. Dalam penelitian biografi ini terungkaplah jika; 1) Wadungasri adalah desa santri dengan kemajemukan penduduknya, dari segi pendidikan sampai profesi. Mayoritas agama yang dipeluk ada Islam. Dahulu desa ini dikenal sebagai desa petani, tetapi kini penduduknya beralih profesi menjadi pegusaha sepatu rumahan. Setiap tahunnya warga Wadungasri punya tradisi kirap kampung. 2) Kiai Rois adalah pengasuh ketiga pesantren Roudlotul Muta’allimin. Kakeknya, Kiai Tamim, adalah sang pendiri. Kiai Rois merupakan kader dari banyak pesantren besar nan tua di Jawa Timur. Dalam stusinya Kiai Rois mendalami ilmu Alwuran dan tasawuf. Beliau juga kiai yang organisatori semenjak muda. 3) Kiai Rois mengajarkan ilmu-ilmu Alquran kepada masyarakat yang notabene adalah bidangnya. Beliau mendidik Alquran kepada umat dari usia remaja hingga lansia. Kelas dibedakan menurut waktu pelaksanaan ngaji. Selain Alquran, Kiai Rois juga membacakan kitab-kitab kuning.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Jauharuddin, Moch. Aflackaflackjauharuddin7@gmail.comA02219029
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorWasid, Wasidwasid_2007@yahoo.co.id2118027401
Thesis advisorHajar, Imam Ibnuimamibnuhajar@gmail.com /ibnuhajar@uinsby.ac.id2006086802
Subjects: Akhlak
Biografi
Al Qur'an
Keywords: Biografi; KH. Muhammad Rois; pesantren
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Aflack Jauharuddin
Date Deposited: 28 Aug 2024 05:14
Last Modified: 28 Aug 2024 05:14
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/72906

Actions (login required)

View Item View Item