Internalisasi nilai-nilai pendidikan agama Islam dalam pembelajaran khat di Pesantren Sakal Jombang perspektif Ibnu Khaldun dan Ibnu Qayyim

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rois, Muhammad (2024) Internalisasi nilai-nilai pendidikan agama Islam dalam pembelajaran khat di Pesantren Sakal Jombang perspektif Ibnu Khaldun dan Ibnu Qayyim. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Rois_02040822042.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Muhammad Rois_02040822042_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 29 August 2027.

Download (2MB)

Abstract

Salah satu tujuan utama pendidikan adalah untuk membentuk pribadi yang berkualitas dengan nilai-nilai yang baik. internalisasi nilai-nilai pendidikan menjadi fokus penting dalam pendidikan karakter. Salah satu cara untuk mengenalkan nilai-nilai karakter adalah melalui pendekatan seni, seperti dalam kaligrafi. Pesantren SAKAL dijadikan objek kajian dalam penelitian ini karena merupakan salah satu lembaga pendidikan yang difokuskan dalam pembelajaran khat dengan menggunakan metode-metode pengajaran dalam pendidikan. Kemudian peneliti akan menggunakan perspektif dua tokoh pendidikan yaitu Ibnu Khaldun dan Ibnu Qayyim sebagai pisau analisisnya. Pada proses pembelajaran khat tersebut peneliti akan mengungkap: (1) bagaimana proses pembelajaran khat, (2) bagaimana proses internalisasi nilai pendidikan dalam pembelajaran khat, (3) bagaimana nilai-nilai pendidikan yang diterapkan di Pesantren Sakal perspektif Ibnu Khaldun dan Ibnu Qayyim. Dalam menjawab kajian ini, peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologis untuk mengungkapkan fakta data dalam bentuk narasi verbal. Kemudian data akan diungkapkan secara desktiptif dari hasil wawancara, dokumentasi, dan observasi di Pesantren Sakal sebagai objek dalam penelitian ini. Dalam menganalisis penelitian ini peneliti menggunakan teori Miles, Hubermen, dan Saldana dengan tiga langkah yaitu kondensi data, penyajian, dan verifikasi data. Setelah data diverifikasi peneliti melakukan uji keabsahan data dengan melakukan triangulasi sumber, triangulasi pengumpulan data, dan triangulasi waktu. Hasil dari penelitian tentang internalisasi niai-nilai pendidikan dalam pembelajaran khat di Pesantren Sakal Jombang perspektif Ibnu Khaldun dan Ibnu Qayyim ini adalah; (1) Dalam proses pembelajarannya Pesantren Sakal menggunakan metode Hamidi dengan model klasik pada pembelajaran kaligrafi yang mana dalam metode tersebut mempeajari khat yang diurutkan dari yang paling mudah ke khat yang paling kompleks. (2) Dalam proses internalisasi nilai ada pembelajaran khat dilakukan dengan tiga tahap yaitu tahap transformasi nilai yang dilaksanakan diawal pertemuan yaitu pada kegiatan MATASA (Masa ta’aruf Santri). Tahap transaksi nilai terjadi ketika proses KBM dikelas yang langsung disampaikan oleh guru. Dalam proses tersebut tertanam nilai-nilai yang diterapkan dipesantren diantaranya nilai akhlaqiyyah, nilai maslakiyah, dan nilaii fikriyah. dan pada tahap transinternalisasi nilai yakni menjadi tugas semua komponen di Pesantren Sakal. (3) Nilai pendidikan yang diterapkan di Pesantren Sakal perspektif Ibnu Khaldun adalah nilai kekeluargaan sedara yang menghasilkan rasa solidaritas dan nilai religius. Sedangkan nilai pendidikan perspektif Ibnu Qayyim yang diterapkan di Pesantren Sakal ialah nilai akhlaqiyyah, maslakiyah, ijtima’iyyah, imaniyyah dan fikriyah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rois, Muhammadmuhammadrois127@gmail.com02040822042
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAbitolkha, Amir Malikiamir.abitolkha@gmail.com2008117102
Thesis advisorFahmi, Muhammadmuhammadfahmi@uinsa.ac.id2106087701
Subjects: Pendidikan Islam
Pesantren
Tulisan Tangan
Keywords: Nilai pendidikan; khat; Ibnu Khaldun; Ibnu Qayyim; Pesantren Sakal Jombang
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muhammad Rois
Date Deposited: 29 Aug 2024 08:26
Last Modified: 29 Aug 2024 08:26
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/72922

Actions (login required)

View Item View Item