Jaringan dan gerakan sosial Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Jawa Timur 1998-2019

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Anwar, Saeful (2023) Jaringan dan gerakan sosial Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Jawa Timur 1998-2019. PhD thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Saeful Anwar_F53417039 OK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Saeful Anwar_F53417039 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 September 2027.

Download (5MB)

Abstract

Disertasi ini fokus kajianya model jaringan dan gerakan sosial yang dilakukan PKS dalam mempertahankan eksistensinya di Jawa Timur yang basis elektoralnya religius tradisional. Untuk itu terdapat tiga rumusan masalah yang dijadikan pertanyaan oleh peneliti: Pertama Bagaimana sejarah dinamika sosial politik Partai Keadilan Sejahtera dalam kontestasi politik Jawa Timur? Kedua, mengapa jaringan sosial Partai Keadilan Sejahtera dapat berkembang dalam melakukan perekrutan anggota dan mencari simpati pemilih masyarakat Jawa Timur? Ketiga, apakah gerakan sosial yang dilakukan Partai Keadilan Sejahtera mampu menjadi media politik untuk mendapat simpati dan dukungan dari masyarakat Jawa Timur? Disertasi ini jenis penelitianya adalah sosial historis yang menggunakan pendekatan interdisipliner dengan objek penelitian gerakan dan jaringan sosial yang dilakukan oleh Partai Keadilan Sejahtera di Jawa Timur mulai tahun 1998-2019. Dalam penelitian ini data-data didapatkan melalui wawancara, observasi, dokumentasi dan juga melakukan kritik terhadap dokumen-dokumen yang relevan dengan PKS di Jawa Timur.Penelitian disertasi ini menemukan beberapa hal: Pertama, PKS mampu menunjukkan eksistensinya di Jawa Timur dengan selalu memperoleh kursi baik DPRRI-DPRD Jatim maupun DPRD Kabupaten/Kota di tengah isu bahwa PKS identik dengan partai kelompok radikal. Kedua, jejaring sosial yang dilakukan oleh para aktor PKS di semua elemen masyarakat Jawa Timur untuk dijadikan sebagai media politik dalam melakukan perekrutan kader, simpatisan serta dukungan dari elite lokal kiai, telah bertransformasi dari gaya politik PKS yang kaku. Jejaring sosial yang dilakukan PKS lebih cenderung lentur, terbuka dan berusaha berakulturasi dengan elemen masyarakat nahdliyin dengan menenggelamkan ideologi Ikhwanul Musliminnya. Ketiga, gerakan sosial yang dilakukan PKS lebih cenderung menyikapi persoalan-persoalan nasional dan Internasional ketimbang persoalan kebijakan pemerintah daerah baik provinsi maupun Kabupaten/Kota. Dalam aksi gerakan sosial barunya, PKS memanfaatkan media sosial sebagai media politik dengan sasaran kelompok milenial. Penelitian disertasi ini menyimpulkan bahwa untuk mempertahankan eksistensinya PKS di Jawa Timur membangun jejaring sosial ke semua elemen masyarakat, lembaga sosial dan elite lokal kiai pesantren. PKS juga melakukan aksi-aksi gerakan sosial baik dalam bentuk demonstrasi, longmarch dan membuat konten-konten yang memuat ajakan untuk melakukan gerakan sosial di media sosial PKS di Jawa Timur.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (PhD)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Anwar, Saefulsaefulanwar712@gmail.comF53417039
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyam, Nursama@yahoo.com2007055801
Thesis advisorAla, Abdabdalabs@gmail.com2005095701
Subjects: Golongan Sosial
Ideologi Politik
Partai Politik
Sejarah
Keywords: Jaringan; Gerakan; Sosial; Politik; Media; Partai Keadilan Sejahtera.
Divisions: Program Doktor > Studi Islam
Depositing User: Saeful Anwar
Date Deposited: 01 Sep 2024 05:30
Last Modified: 01 Sep 2024 05:30
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/72949

Actions (login required)

View Item View Item