Analisa kesesuaian pengembangan wisata di Pantai Mutiara Kabupaten Trenggalek

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fahminuddin, Muhammad Aziiz (2024) Analisa kesesuaian pengembangan wisata di Pantai Mutiara Kabupaten Trenggalek. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
M Aziiz Fahminuddin_09020420031 OK.pdf

Download (3MB)
[img] Text
M Aziiz Fahminuddin_09020420031 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 September 2027.

Download (3MB)

Abstract

Kabupaten Trenggalek memiliki potensi wisata tinggi, terutama Pantai Mutiara di Desa Tasikmadu, dengan ombak tenang yang cocok untuk permainan air. Ekosistem terumbu karang yang baik di Pantai Mutiara mendukung pengembangan wisata bahari dan budidaya laut untuk membantu perekonomian lokal. Namun, pengembangan ini bisa berdampak negatif pada lingkungan, sehingga diperlukan analisis indeks kesesuaian wisata (IKW) dan daya dukung kawasan (DDK). Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan ekowisata dan kesesuaian budidaya di Pantai Mutiara, dengan menilai kesesuaian budidaya, kesesuaian dan daya dukung wisata, serta menerapkan prinsip konservasi. Pengambilan data primer dan sekunder dilakukan, termasuk identifikasi lifeform terumbu karang dan ikan karang, serta pengukuran parameter fisika perairan. Data yang digunakan untuk menilai kesesuaian rekreasi pantai meliputi berbagai parameter, yaitu tipe pantai,lebar pantai, kemiringan pantai, kecerahan air, kecepatan arus, kedalaman perairan, material dasar perairan, penutupan lahan, keberadaan biota berbahaya, ketersediaan air tawar. Untuk kesesuaian budidaya, parameter fisika dan kimia seperti nitrat dan fosfat diperlukan. Hasil penelitian menunjukkan kesesuaian wisata untuk renang dan rekreasi pantai sebesar 81% (S2), sementara snorkeling dan selam termasuk kategori sesuai (S2) dan kurang sesuai (S3) dengan skor total >50% dan <50%. Budidaya rumput laut mendapat skor 52 (S1), budidaya lobster 52 (S2), dan budidaya kerang mutiara 84 (S2).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fahminuddin, Muhammad Aziizaziizfahminuddin89@gmai.com09020420031
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMuttaqin, Andik Dwi----
Thesis advisorHalim, Abdulhalimwahid70@gmail.com abdulhaliminkafa05@gmail.com2012087001
Subjects: Ilmu Kelautan
Kesejahteraan Sosial
Pendidikan > Penelitian
Penelitian

Sumber Daya Manusia
Keywords: ekowisata; konservasi; budidaya; pantai mutiara
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Ilmu Kelautan
Depositing User: Muhammad Aziiz Fahminuddin
Date Deposited: 01 Sep 2024 01:34
Last Modified: 01 Sep 2024 01:34
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/72952

Actions (login required)

View Item View Item