Proses penyidikan dan penuntutan tindak pidana korupsi di kejaksaan Kabupaten Jombang tahun 2021-2022: perspektif kuhap dan fiqh murafa’at

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ghifari, A Frada Ali H Al (2024) Proses penyidikan dan penuntutan tindak pidana korupsi di kejaksaan Kabupaten Jombang tahun 2021-2022: perspektif kuhap dan fiqh murafa’at. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
A Frada Ali H Al Ghifari_05020320028.pdf

Download (2MB)
[img] Text
A Frada Ali H Al Ghifari_05020320028_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 28 August 2027.

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Proses Penyidikan dan Penuntutan Tindak Pidana Korupsi di Kejaksaan Kabupaten Jombang Tahun 2021-2022 Perspektif KUHAP dan Fiqh Murāfa’at”. Merupakan penelitian untuk menjawab rumusan masalah 1). Bagaimana analisis proses penyidikan dan penuntutan tindak pidana korupsi di Kejaksaan Kabupaten Jombang dan 2). Bagaimana tinjauan fiqh murāfa’at terhadap proses Kejaksaan dalam penyidikan dan penuntutan tindak pidana korupsi di Kabupaten Jombang. Jenis penelitian yang dibuat oleh penulis adalah jenis penelitian empiris dengan menggunakan pendekatan wawancara. Teknis analisis data yang digunakan adalah deskriptif analitif dengan pola pikir induktif. Penelitian ini dilakukan di Kejaksaan Negeri Kabupaten Jombang. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan mengenai. Pertama analisis proses penyidikan dan penuntutan tindak pidana korupsi di Kejaksaan Kabupaten Jombang, disini penulis membahas mengenai proses penyidikan dan penuntutan tindak pidana korupsi yang dilakukan oleh Kejaksaan Negeri Jombang telah sesuai dengan ketentuan Kitab Undang-Undang Hukum Acara Pidana serta bagaimana gambaran Kejaksaan Negeri Jombang dalam melakukan proses penyidikan dan penuntutan tindak pidana korupsi, kemudian membahas terkait hambatan yang dialami oleh Kejaksaan Negeri Jombang dalam melakukan proses penyidikan dan penuntutan tindak pidana korupsi. Kedua tinjauan fiqh murāfa’at terhadap proses Kejaksaan dalam penyidikan dan penuntutan tindak pidana korupsi di Kabupaten Jombang, disini penulis membahas mengenai gambaran fikih murafa’at tentang peradilan islam dan prinsip-prinsip yang digunakan, kemudian dari proses penyidikan dan penuntutan tindak pidana korupsi yang dilakukan Kejaksaan Negeri Jombang telah sesuai dengan tinjauan fiqh murāfa’at. Sejalan dengan kesimpulan di atas, peneliti memberikan saran kepada pembuat kebijakan tentang peradilan tindak pidana korupsi terkait hambatan yang dialami oleh Kejaksaan Negeri Jombang dalam melakukan penyidikan dan penuntutan tindak pidana korupsi, penerapan sidang online dapat menjadi solusi yang efektif. Kemudian kepada pemerintah tentang dana yang di alokasikan dari pemerintah untuk Kejaksaan Negeri Jombang untuk melakukan proses penyidikan dan penuntutan tindak pidana korupsi yang minim menjadi hambatan Kejaksaan dalam melakukan proses penyidikan dan penuntutan, oleh karena itu pemerintah seharusnya lebih memperhatikan hal tersebut.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ghifari, A Frada Ali H Al05020320028@student.uinsby.ac.id05020320028
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMubarok, Nafi'nafi.mubarok@gmail.com2014047401
Thesis advisorCandra, Marlimcand23@gmail.com/mcand23@uinsby.ac.id2014048502
Subjects: Hukum > Hukum Pidana
Hukum > Hukum Pidana Islam
Keywords: Fiqh Murāfa’at; tindak pidana korupsi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Pidana Islam
Depositing User: A Frada Ali H Al Ghifari
Date Deposited: 28 Aug 2024 08:14
Last Modified: 28 Aug 2024 08:14
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/72963

Actions (login required)

View Item View Item