Mengungkap praktik penentuan harga jual usaha tahu takwa Kediri

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Pramesti, Rahma Amalia Rizky (2023) Mengungkap praktik penentuan harga jual usaha tahu takwa Kediri. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rahma Amalia Rizky Pramesti_G92219112.pdf

Download (9MB)
[img] Text
Rahma Amalia Rizky Pramesti_G92219112_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 28 August 2027.

Download (9MB)

Abstract

Penentuan harga jual selalu dikaitkan dengan laba didasari oleh suatu pemikiran bahwa hanya perhitungan bersifat kalkulatif yang dapat merepresentasikan biaya dan laba yang dijadikan acuan dalam menentukan suatu harga. Dengan pemikiran tersebut akan menimbulkan tindakan menyimpang untuk meminimalisir suatu biaya agar menekan pengeluaran dan mendapatkan keuntungan yang maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap praktik penentuan harga jual tahu takwa Kediri yang diimplementasikan pengusaha tahu takwa di Kota Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian studi fenomenologi. Studi fenomenologi digunakan sebagai metode penelitian dengan informan dari pengusaha tahu takwa yang berpengalaman dalam memproduksi dan menjual produknya sendiri. Hasil analisis data menunjukkan bahwa penentuan harga jual tahu takwa ditentukan dengan mengkombinasikan metode penentuan harga jual secara akuntansi konvensial dengan nilai yang tersirat pada masing-masing informan. Nilai persaudaraan yang disertakan dalam penentuan harga jual dibuat untuk kepentingan mengedepankan kepentingan bersama dari sisi orang disekitar untuk mencapai kebahagian. Nilai belas kasih yang disertakan dalam penentuan harga jual bertujuan tidak mengharapkan keuntungan yang besar melainkan ketenteraman pengusaha yang ingin menghasilkan produk yang berkualitas dan dijangkau oleh pelanggan Penelitian ini memberikan informasi kepada pengusaha tahu takwa berupa pemikiran yang bertujuan untuk pengusaha yang memiliki permasalahan dalam menentukan harga jual suatu produk dengan tetap berorientasi pada profit tetapi tidak mengabaikan nilai-nilai sosial yang ada di tengah masyarakat. Nilai-nilai sosial itulah yang nantinya akan menjadi jalan menuju kesuksesaan yang ttidak hanya berpusar pada jumlah nominal keuntungan dalam menjalankan suatu usaha.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Pramesti, Rahma Amalia Rizkyrahmaamaliarp@gmail.comG92219112
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAripratiwi, Ratna Anggrainiratna.anggraini@uinsby.ac.id2028058903
Subjects: Industri RumahTangga
Industri Kecil
Keywords: harga jual; fenomenologi; nilai persaudaraan; nilai belas kasih
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi
Depositing User: Rahma Amalia Rizky Pramesti
Date Deposited: 28 Aug 2024 07:20
Last Modified: 28 Aug 2024 07:20
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/72988

Actions (login required)

View Item View Item