Peran Korea Selatan dalam pemenuhan makanan halal pada World Scout Jamboree tahun 2023

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hibatullah, Rizal Latif (2024) Peran Korea Selatan dalam pemenuhan makanan halal pada World Scout Jamboree tahun 2023. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rizal Latif Hibatullah_I92219089 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 28 August 2027.

Download (1MB)
[img] Text
Rizal Latif Hibatullah_I92219089.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran Korea Selatan dalam pemenuhan makanan halal di World Scout Jamboree tahun 2023. Makanan halal adalah jenis makanan yang dipersiapkan, diproses, dan disajikan sesuai dengan kaidah agama islam. Makanan jenis ini wajib dikonsumsi oleh umat islam dimana saja dan kapan saja mereka berada termasuk pada saat berkegiatan dalam kegiatan internasional. World Scout Jamboree sebagai kegiatan internasional yang diselenggarakan di Korea Selatan secara eksplisit akan menghadirkan makanan halal selama kegiatan berlangsung. Hal ini digunakan Korea Selatan untuk menunjukkan peran mereka sebagai sebuah negara ramah muslim. pendekatan kualitatif-deskriptif, dengan data diperoleh melalui wawancara dan studi dokumen, kemudian dianalisis menggunakan teknik reduksi, penyajian, dan hingga dapat menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Korea Selatan telah melakukan berbagai cara seperti pemilihan vendor, melakukan studi banding, hingga proses distribusi makanan saat di bumi perkemahan SaeManGeum. Proses pemenuhan makanan halal dapat dilaksanakan secara optimal ketika kondisi lingkungan normal namun ketika terjadi anomali lingkungan maka proses pemenuhan makanan halal tidak dapat dilakukan secara optimal.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hibatullah, Rizal Latifrizallatif266@gmail.comI92219089
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRosyidi, Zudanzurosidi@yahoo.co.id2023038101
Subjects: Hubungan Internasional
Keywords: Peran Korea Selatan; makanan halal; World Scout Jamboree
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional
Depositing User: Rizal Latif Hibatullah
Date Deposited: 30 Aug 2024 03:23
Last Modified: 30 Aug 2024 03:23
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/73009

Actions (login required)

View Item View Item