Studi kesiapsiagaan masyarakat pesisir terhadap gempa laut dan perspektif masyarakat terhadap pengembangan inovasi kearifan lokal teknologi suling laut di Tongas Probolinggo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Samudra, Irsyad Angka (2023) Studi kesiapsiagaan masyarakat pesisir terhadap gempa laut dan perspektif masyarakat terhadap pengembangan inovasi kearifan lokal teknologi suling laut di Tongas Probolinggo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Irsyad Angka Samudra_H94219051 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 2 September 2027.

Download (2MB)
[img] Text
Irsyad Angka Samudra_H94219051.pdf

Download (2MB)

Abstract

Bencana merupakan keadaan yang mengancam dan mengganggu pemeliharaan masyarakat sekaligus kehidupannya. Kecamatan Tongas, Kabupaten Probolinggo merupakan wilayah rawan bencana gempa dan tsunami sebagaimana yang dimuat dalam Peraturan Daerah Provinsi Jawa Timur Nomor 5 Tahun 2012 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Provinsi Tahun 2011- 2031. Masyarakat nelayan Tongas, Probolinggo juga memiliki alat bantu penangkapan ikan bernama “suling laut” yang dirasa dapat dikembangkan sebagai alat pendeteksi gempa di laut guna meningkatkan kesiapsiagaan masyarakat pesisir terhadap gempa laut. Penelitian ini menggunakan metode terpadu (Mixed-Method) dengan jenis penelitian Sequential Explanatory Design, yang pengambilan datanya dilakukan berurutan maupun bersamaan dengan pengambilan data kuantitatif yang diikuti dengan pengambilan data kualitatif, metode ini ditujukan untuk mendapatkan hasil penelitian yang komprehensif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap masyarakat pesisir dalam menghadapi ancaman bencana gempa dan peran masyarakat pesisir dalam meningkatkan kesiapsiagaan masyarakat pesisir terbilang rendah, dengan persentase indikator secara berurutan sebesar 44% dan 45%. Sedangkan persepsi masyarakat mengenai suling laut sebagai alat meningkatkan kesiapsiagaan bencana cenderung kurang, dikarenakan kurangnya pengetahuan dan pengalaman gempa di laut saat menggunakan suling, sehingga diperlukan pendekatan persepsi agar dapat memicu ketertarikan dan antusias masyarakat untuk berperan dalam merencanakan mekanisme sistem peringatan gempa berbasis kearifan lokal “suling laut”

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Samudra, Irsyad Angkairsyadusamudra@gmail.comH94219051
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSawiji, Asrisawiji.asri@uinsa.ac.id2026068701
Thesis advisorHadi, Moch Irfanm_i_h@uinsby.ac.id0824048601
Subjects: Bencana alam
Masyarakat
Keywords: Masyarakat pesisir; gempa laut; masyarakat; teknologi suling laut
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Ilmu Kelautan
Depositing User: Irsyad Angka Samudra
Date Deposited: 02 Sep 2024 08:21
Last Modified: 02 Sep 2024 08:21
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/73068

Actions (login required)

View Item View Item