Pengaruh pengetahuan pajak, persepsi, motivasi, efektivitas pembelajaran perpajakan terhadap minat mahasiswa berkarir di bidang perpajakan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wijanarko, Bagaskara Anugrah (2024) Pengaruh pengetahuan pajak, persepsi, motivasi, efektivitas pembelajaran perpajakan terhadap minat mahasiswa berkarir di bidang perpajakan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Bagaskara Anugrah Wijanarko_08020220048 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 2 September 2027.

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
Bagaskara Anugrah Wijanarko_08020220048.pdf

Download (4MB)

Abstract

Sejak Direkorat Jenderal Pajak Republik Indonesia memperketat penerapan peraturan perpajakan Indonesia, Indonesia saat ini sangat membutuhkan tenaga ahli perpajakan. Perusahaan semakin berkembang dan mencari karyawan yang mahir dalam akuntansi dan perhitungan pajak. Terjadi Peningkatan wajib pajak tetapi jumlah konsultan pajak di Indonesia masih tergolong rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengetahuan pajak, persepsi, motivasi, efektivitas pembelajaran perpajakan terhadap minat mahasiswa berkarir di bidang perpajakan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, populasi yang digunakan ialah yang terdiri dari mahasiswa semester 8 (delapan) yang telah menempuh mata kuliah Perpajakan I dan II (lanjutan) yang terdiri dari beberapa perguruan tinggi negeri UNAIR, UNESA, UPN, UINSA Untuk memperkirakan ukuran sampel peneliti menggunakan random sampling dengan mengacu pada tabel morgan dan krejcie diperoleh hasil 248 sampel. Penyebaran kuesioner digunakan untuk mengumpulkan data penelitian ini. Uji hipotesis parsial (uji t) dilakukan dengan menggunakan program SPSS versi 27, dan analisis data dilakukan dengan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua variabel independen, yang terdiri dari pengetahuan pajak (X1), persepsi (X2), motivasi (X3), dan efektivitas pembelajaran perpajakan (X4), berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat mahasiswa akuntansi di bidang perpajakan (Y) sebagai variabel dependen. Efektivitas pembelajaran perpajakan (X4) adalah variabel yang paling berpengaruh. Hasil penelitian ini sejalan dengan teori yang digunakan, yakni theory of planned behaviour (teori perilaku terencana). Penelitian ini memberikan rekomendasi kepada mahasiswa/i akuntansi agar lebih meningkatkan kemampuan yang dimilikinya. Selain itu bagi universitas agar memperbaiki dan meningkatkan kurikulum proses pembelajaran yang efektif, yang memastikan bahwa pelajaran disampaikan dengan cara yang tepat dan sesuai dengan aturan, diharapkan mahasiswa dapat memahami dengan baik pengetahuan tentang perpajakan. Lingkungan yang mendukung termasuk dosen dapat mempengaruhi tingkat pemahaman dan minat mahasiswa terhadap bidang studi yang mereka pelajari.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wijanarko, Bagaskara Anugrahbagas30bk@gmail.com08020220048
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorJannah, Binti Shofiatulbintishofiatul@gmail.com199007292019032022
Subjects: Akuntansi
Pajak dan Perpajakan
Perilaku
Keywords: Pajak; pembelajaran perpajakan; minat berkarir
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi
Depositing User: Bagaskara Anugrah Wijanarko
Date Deposited: 02 Sep 2024 08:27
Last Modified: 02 Sep 2024 08:27
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/73072

Actions (login required)

View Item View Item