Analisis pengendalian internal pada siklus penerimaan dan pengeluaran kas di pengrajin tas

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Pamungkas, Mochammad Hajar Galang (2024) Analisis pengendalian internal pada siklus penerimaan dan pengeluaran kas di pengrajin tas. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mochammad Hajar Galang Pamungkas_08020220070 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Mochammad Hajar Galang Pamungkas_08020220070 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 September 2027.

Download (2MB)

Abstract

Pengendalian internal merupakan hal yang sangat penting dalam menjalankan bisnis. Akan tetapi, seringkali pemilik dari bisnis kurang memahami dalam penerapan pengendalian internal pada bisnisnya. Penelitian ini bertujuan untuk memahami pengendalian internal pada siklus penerimaan dan pengeluaran kas dari Pengrajin Tas yang dimiliki oleh Pak Anto. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik analisis data menggunakan teknis analisis dari Miles and Huberman; reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ada proses pengendalian internal pada siklus penerimaan dan pengeluaran kas yang dilakukan oleh Pak Anto yaitu dengan mencatat dan mengamati berbagai peneriman dan pengelauran dari kas. Pengendalian internal yang dijalankan pada siklus penerimaan kas lebih mendekatkan kepada customer selaku sumber perolehan kas dari bisnis. Pemenuhan pesanan dari customer dilakukan dengan sebaik-baiknya untuk menjaga kepercayaan dari customer itu sendiri. Selanjutnya pengendalian internal pada siklus pengeluaran kas akan lebih berhubungan dengan pihak pemasok bahan baku yang mengirim persediaan bahan baku pembuatan tas. Proses pembelian akan dilakukan kepada pemasok langganan dan segala macam kendala akan dikomunikasikan baik kepada pemasok dan kepada customer. Pengrajin Tas dalam menjalankan pengendalian internal sudah cukup baik, meskipun ada keterbatasan yang dimiliki oleh Pengrajin Tas. Peneliti ini memberikan rekomendasi pada Pengrajin Tas untuk melakukan pengendalian internal sesuai dengan unsur-unsur dari pengendalian internal itu sendiri mengingat penerapan pengendalian internal khususnya pada kas yang masih secara sederhana. Kemudian dalam hal penerimaan dan pengeluaran kas, Pengrajin Tas dapat menggunakan pencatatan secara manual dan pencatatan melalui sistem digital serta memberikan kemudahan akses bagi pengguna informasi mengenai kas.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Pamungkas, Mochammad Hajar Galanghajargalang2812@gmail.com08020220070
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorJannah, Binti Shofiatulbintishofiatul@gmail.com--
Subjects: Administrasi
Akuntansi
Bisnis
Keywords: pengendalian internal; penerimaan kas; pengeluaran kas; pengrajin tas
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi
Depositing User: Mochammad Hajar Galang Pamungkas
Date Deposited: 01 Sep 2024 12:19
Last Modified: 01 Sep 2024 12:19
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/73074

Actions (login required)

View Item View Item