Pengaruh sektor pariwisata terhadap produk domestik regional bruto di Provinsi Jawa Timur tahun 2018-2022

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Juventi, Meilani Dwi (2024) Pengaruh sektor pariwisata terhadap produk domestik regional bruto di Provinsi Jawa Timur tahun 2018-2022. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Meilani Dwi Juventi_08010120015.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Meilani Dwi Juventi_08010120015_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 3 September 2027.

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji pengaruh sektor pariwisata terhadap Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) di Provinsi Jawa Timur. Pariwisata merupakan sektor yang kursial dalam mendorong pertumbuhan ekonomi daerah melalui kontribusinya terhadap pendapatan lokal, penyerapan tenaga kerja, dan investasi. Sehingga, penting untuk memahami bagaimana jumlah wisatawan, jumlah hotel, dan jumlah restoran berpengaruh terhadap PDRB dalam merumuskan kebijakan yang efektif dalam pengembangan sektor pariwisata. Penelitian ini bersifat kuantitatif dan menggunakan data sekunder berupa data panel dari 190 observasi di beberapa kabupaten dan kota di Jawa Timur pada periode 2018-2022, yang diperoleh dari Disbudpar dan BPS Provinsi Jawa Timur. Data tersebut kemudian dianalisis menggunakan perangkat lunak Eviews10 dengan menggunakan Fixed Effects Model (FEM) untuk menguji hubungan antara variabel independen (jumlah wisatawan, hotel, dan restoran) dan variabel dependen (PDRB) Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara simultan variabel jumlah wisatawan, jumlah hotel, dan jumlah restoran berpengaruh signifikan terhadap PDRB. Kemudian secara parsial variabel jumlah wisatawan berpengaruh signifikan terhadap PDRB. Variabel jumlah hotel secara parsial variabel jumlah hotel berpengaruh signifikan terhadap PDRB. Dan variabel jumlah restoran secara parsial variabel jumlah restoran berpengaruh signifikan terhadap PDRB. Dengan demikian, pengembangan sektor pariwisata diharapkan dapat terus ditingkatkan untuk mendorng pertumbuhan ekonomi daerah. Untuk meningkatkan kontribusi sektor pariwisata terhadap PDRB, disarankan agar pemerintah diharapkan meningkatkan investasi di sektor ini dengan memberikan insentif fiskal, seperti pengurangan pajak atau subsidi, dan meningkatkan infrastruktur pendukung seperti jalan dan akses air bersih. Selain itu, perlu adanya program pelatihan untuk tenaga kerja di sektor perhotelan dan restoran, serta pengembangan dan promosi destinasi wisata baru, serta melibatkan masyarakat lokal dalam promosi budaya dan produk lokal.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Juventi, Meilani Dwidwijuventi@gmail.com08010120015
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorIstiandari, Debby Nindyadebbynindya@gmail.com0414129501
Subjects: Ekonomi
Keywords: PDRB; jumlah wisatawan; jumlah hotel; jumlah restoran
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Meilani Dwi Juventi
Date Deposited: 03 Sep 2024 07:32
Last Modified: 03 Sep 2024 07:32
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/73112

Actions (login required)

View Item View Item