Pengaruh fase bulan terhadap nilai kecerlangan langit malam menggunakan Sky Quality Meter di OASA pada waktu Subuh

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Najihah, Indah Umi (2023) Pengaruh fase bulan terhadap nilai kecerlangan langit malam menggunakan Sky Quality Meter di OASA pada waktu Subuh. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Indah Umi Najihah_C96218024.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Indah Umi Najihah_C96218024_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 3 September 2027.

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Langit malam ketika waktu Subuh mempunyai kecantikan dan keunikan tersendiri dalam duni astronomi. Saat ini, ada banyak faktor yang memengaruhi kecerlagan langit malam, dan fase bulan merupakan salah satu pengaruh yang sangat penting terhadap kecerlangan langit. Dalam kasus ini, peneliti akan merinci bagaimana fase bulan memengaruhi nilai kecerlangan langit malam dengan menggunakan Sky Quality Meter (SQM) pada waktu Subuh. Hal tersebut mendorong peneliti untuk melakukan penelitian di OASA (-7°19'23,02" LS, 112°44'0,2" BT, dan ketinggian 28 mdpl) sebagai salah satu contoh lokasi di Surabaya. Tujuan penelitian ini yakni untuk memberikan gambaran menyeluruh tentang hubungan antara fase bulan dengan nilai kecerlangan langit malam pada waktu Subuh. Penelitian ini mencakup banyak aspek penting yang dapat membantu pembaca memahami fenomena ini lebih dalam. Pertama, penelitian ini membahas tentang beberapa fase bulan dalam kurun waktu 1 bulan. Kemudian, peneliti akan menjelaskan tentang bagaimana fase bulan memengaruhi nilai kecerlangan langit malam menggunakan Sky Quality Meter (SQM). Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, peneliti menggunakan teknik penelitian observasi lapangan pada akhir bulan Juni sampai dengan bulan Juli 2022 diperoleh 4 data kecerlangan langit malam pada 4 fase bulan hijriyah. Data kemudian dirubah menjadi grafik serta digunakan analisis statistika sederhana dalam mendeskripsikan data serta menentukan perbedaan signifikan antar fase bulan. Menurut hasil penelitian ini, maka kesimpulan yang diambil peneliti adalah pengaruh fase bulan terhadap kecerlangan langit pada waktu subuh sangatlah berpengaruh, namun karena adanya keterbatasan jangkauan pandang alat yang digunakan maka pendeteksian terhadap pengaruh tersebut tidak signifikan terlihat. Sehingga, perlu adanya penelitian lebih lanjut dengan alat yang sudah diperbarui sistemnya dan berlatar tempat yang sama. Berdasarkan yang sudah disebutkan diatas, pengaruh fase bulan terhadap kecerlangan langit pada waktu subuh sangatlah berpengaruh, namun karena adanya keterbatasan jangkauan pandang alat yang digunakan maka pendeteksian terhadap pengaruh tersebut tidak signifikan terlihat. Sehingga, perlu adanya penelitian lebih lanjut dengan alat yang sudah diperbarui sistemnya dan berlatar tempat yang sama.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Najihah, Indah Umiisoisoae826@gmail.comC96218024
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSopwan, Novisopwan@uinsby.ac.id2021118402
Subjects: Falak
Keywords: Sky Quality Meter (SQM)
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Falak
Depositing User: Indah Umi Najihah
Date Deposited: 03 Sep 2024 07:44
Last Modified: 03 Sep 2024 07:44
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/73128

Actions (login required)

View Item View Item