Studi analisis efektivitas asas mempersulit perceraian di Pengadilan Agama Jombang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Syahputra, Faqih Deny (2024) Studi analisis efektivitas asas mempersulit perceraian di Pengadilan Agama Jombang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Faqih Deny Syahputra_05010120010 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 September 2027.

Download (1MB)
[img] Text
Faqih Deny Syahputra_05010120010.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini merupakan hasil penelitian deskriptif analisis yang berjudul “ Studi Analisis Efektivitas Asas Mempersulit Perceraian di Pengadilan Agama Jombang “. Skripsi ini ditulis untuk menjawab pertanyaan yang dituangkan dalam rumusan masalah yaitu: Bagaimana penerapan asas mempersulit terjadinya perceraian di Pengadilan Agama Jombang? Bagaimana analisis efektivitas dari penerapan asas mempersulit terjadinya perceraian di Pengadilan Agama Jombang? Skripsi ini termasuk dalam penelitian socio legal research atau penelitian hukum empiris yang data utamanya diperoleh dengan cara wawancara dan studi dokumentasi terkait perceraian di Pengadilan Agama Jombang yang kemudian data tersebut dianalisis menggunakan teknik deskriptif analisis dengan pola pikir deduktif. Hasil dari penelitian ini penulis menemukan bahwa adanya tren positif yakni menurunnya angka perceraian sebanyak 20.26 % dalam kurun waktu 2 tahun terakhir namun adanya penurunan tersebut bukanlah menjadi patokan dari keberhasilan atau keefektifan dari prinsip/asas ini, sebab hasil observasi dari penulis menunjukkan bahwa terdapat faktor lain seperti dibatalkan, digugurkan, atau bahkan diberhentikannya perkara tersebut yang mempengaruhi penurunan angka perceraian. serta implementasi dari asas mempersulit perceraian telah sesuai dengan prosedur yang sudah ditentukan terbukti dengan masih diberlakukannya penerapan prinsip tersebut sampai dengan sekarang. Sejalan dengan uraian diatas, maka penulis berusaha untuk menyampaikan bahwa Pengadilan Agama Jombang hendaknya bekerjasama dengan instansi terkait seperti BKKBN, PKK, KUA, Kemenag, Kemensos, dsb. guna untuk mengembangkan program penyadaran kepada masyarakat khususnya masyarakat yang minim informasi tentang seberapa pentingnya mempersiapkan bekal sebelum menjalani ibadah pernikahan, tidak hanya bagi pasangan yang hendak menikah, namun juga bagi generasi muda di kemudian hari agar mengetahui peran masing-masing ketika menikah. Berkat penataan yang telah dilakukan, diharapkan mereka jauh lebih siap menghadapi kehidupan berumah tangga.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Syahputra, Faqih Denyfaqihdeny17@gmail.com05010120010
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMalik, Arif Jamaluddinarjamal77@gmail.com2006117202
Subjects: Nikah > Cerai
Perdata Islam
Peradilan > Peradilan Agama
Keywords: Analisis efektivitas asas; perceraian; Pengadilan Agama
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Faqih Deny Syahputra
Date Deposited: 04 Sep 2024 03:55
Last Modified: 04 Sep 2024 03:55
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/73154

Actions (login required)

View Item View Item