Ketahanan keluarga pasangan long distance marriage prespektif buku pembangunan ketahanan keluarga oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak: studi kasus di Desa Kradenan Kecamatan Palang Kabupaten Tuban

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kafi, Kamalul (2024) Ketahanan keluarga pasangan long distance marriage prespektif buku pembangunan ketahanan keluarga oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak: studi kasus di Desa Kradenan Kecamatan Palang Kabupaten Tuban. Undergraduate thesis, Uin Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Kamalul Kafi_05010120014.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Kamalul Kafi_05010120014_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 3 September 2027.

Download (3MB)

Abstract

Long distance marriage adalah kondisi dimana suami istri tidak tinggal dalam satu atap karena suatu keadaan tertentu. Di zaman yang modern ini, tuntutan kebutuhan hidup semakin tinggi sehingga banyak pasangan suami istri yang memilih merantau dan melakukan pernikahan jarak jauh long distance marriage demi mencukupi kebutuhan hidup keluarganya. Akan tetapi menjaga ketahanan keluarga dari berbagai permasalahan merupakan tugas bagi setiap pasangan suami istri. Skripsi dengan judul Ketahanan Keluarga Pasangan Long Distance Marriage di Desa Kradenan Kecamatan Palang Kabupaten Tuban yang merupakan penelitian lapangan akan menjawab bagaimana keluarga pasangan long distance marriage dan bagaimana ketahanan keluarga pasangan long distance marriage di Desa Kradenan Kecamatan Palang Kabupaten Tuban.Data penelitian ini dikumpulkan melalui observasi, wawancara, serta dokumentasi yang menunjukkan adanya problematika ketahanan keluarga pasangan yang melakukan long distance marriage. Selanjutnya akan dianalisis dengan menggunakan teknik pendekatan kualitatif dan diuraikan secara deskriptif, artinya dengan memaparkan dan menjelaskan data yang telah diperoleh berdasarkan fakta guna mendapatkan gambaran untuk memudahkan pemahaman secara jelas dan terarah dengan menggunakan pola pikir induktif.Hasil penelitian memberikan kesimpulan bahwa ketahanan keluarga pasangan long distance marriage di Desa Kradenan Kecamatan Palang Kabupaten Tuban ditemukan keluarga yang berhasil mempertahankan keluarganya dan juga keluarga yang gagal mempertahankan keluarganya (bercerai). Keluarga yang berhasil mempertahankan keluarganya adalah keluarga yang mampu membuktikan bahwa long distance marriage adalah suatu halangan dalam mempertahankan ketahanan keluarganya, sedangakan keluarga yang gagal mempertahankan keluarganya menunjukkan bahwa long distance marriage merupakan suatu hal yang berpotensi menjadi permasalahan dalam ketahanan keluarga.Berdasarkan kesimpulan tersebut, berikut saran yang dapat peneliti tulis dalam penelitian kali ini bagi keluarga yang melakukan pernikahan jarak jauh (long distance marriage) bahwa melakukan hal demikian bukanlah hal yang mudah. Menjalani pernikahan jarak jauh (long distance marriage) membutuhkan pemikiran yang rasional dan bijak serta harus memiliki komitmen yang tinggi untuk mempertahankan keluarganya. Diharapkan kepada mereka untuk terus menjalani komunikasi dengan baik dan saling terbuka terhadap sesama. Untuk itu penelitian ini bertujuan untuk memperluas pengetahuan dan memberikan gambaran terhadap pernikahan jarak jauh (long distance marriage).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kafi, Kamalulkafikamalul72@gmail.com05010120014
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSam'un, Sam'un--2008085901
Subjects: Keluarga > Keluarga Islam
Agama > Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Long distance marriage
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Kamalul Ka Kamalul Kafi
Date Deposited: 03 Sep 2024 07:39
Last Modified: 03 Sep 2024 07:40
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/73195

Actions (login required)

View Item View Item