Pengaruh pembiayaan bagi hasil, pembiayaan jual beli, penghimpunan dana prinsip bagi hasil terhadap profitabilitas bank pembiayaan rakyat syariah (BPRS) jawa timur dengan risiko dan fungsi intermediasi sebagai variabel intervening

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Abidin, Ahmad Zainul (2024) Pengaruh pembiayaan bagi hasil, pembiayaan jual beli, penghimpunan dana prinsip bagi hasil terhadap profitabilitas bank pembiayaan rakyat syariah (BPRS) jawa timur dengan risiko dan fungsi intermediasi sebagai variabel intervening. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ahmad Zainul Abidin_02040321003 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Ahmad Zainul Abidin_02040321003 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 31 August 2027.

Download (3MB)

Abstract

Tesis ini membahas tentang yang mempengaruhi profitabilitas Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) dengan Risiko dan Fungsi Intermediasi sebagai Varaibel Intervening. Tujuan penelitian ini untuk menguji dan menganalisis pengaruh langsung dan pengaruh secara tidak langsung pembiayaan bagi hasil, pembiayaan jual beli dan penghimpunan bagi hasil terhadap profitabilitas melalui risiko dan fungsi intermediasi. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini terdapat 32 BPRS Jawa Timur dengan Sampel 24 BPRS Jawa Timur menggunakan metode purposive sampling. Data dikumpulkan melalui data laporan keuangan BPRS Jawa Timur di Website Otoritas Jasa Keungana. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan Partial Least Square melalui aplikasi Smart-PLS 4.0. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Pembiayaan Bagi Hasil memiliki pengaruh langsung secara negatif dan signifikan,Pembiayaan Jual Beli memiliki pengaruh langsung secara positif dan signifikan dan Penghimpunan Dana Sistem Bagi Hasil memiliki pengaruh langsung secara negatif terhadap Profitabilitas, (2) Pembiayaan Bagi Hasil memiliki pengaruh langsung secara positif dan signifikan, Pembiayaan Jual Beli memiliki pengaruh langsung secara negatif dan signifikan, Penghimpunan Dana Sistem Bagi Hasil tidak memiliki pengaruh langsung dan tidak signifikan terhadap Risiko, (3) Penghimpunan Dana Sistem Bagi Hasil tidak memiliki pengaruh langsung dan tidak signifikan terhadap Fungsi Intermediasi, (4) Risiko memiliki pengaruh langsung secara negatif dan signifikan terhadap Profitabilitas, (5) Fungsi Intermediasi memiliki pengaruh langsung secara positif dan signifikan terhadap Profitabilitas, (6) Risiko tidak memiliki pengaruh dan tidak signifikan terhadap hubungan secara tidak langsung dalam memediasi hubungan antara Pembiayaan Bagi Hasil, Pembiayaan Jual Beli, Penghimpunan Dana Sistem Bagi Hasil terhadap Profitabilitas, (7) Fungsi Intermediasi tidak memiliki pengaruh dan tidak signifikan terhadap hubungan secara tidak langsung dalam memediasi hubungan antara Penghimpunan Dana sistem Bagi Hasil dan Profitabilitas.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Abidin, Ahmad Zainulabiedaladdin@gmail.com02040321003
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMugiyati, Mugiyatimugiyati@uinsby.ac.id2026027101
Thesis advisorSamsuri, Andrianiandriani@uinsby.ac.id2002087603
Subjects: Bank Islam
Ekonomi Islam
Keywords: Pembiayaan Bagi Hasil; Pembiayaan Jual Beli; Penghimpunan Dana Sistem Bagi Hasil; Risiko; Fungsi Intermediasi dan Profitabilitas.
Divisions: Program Magister > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ahmad Zainul Abidin
Date Deposited: 31 Aug 2024 14:35
Last Modified: 31 Aug 2024 14:35
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/73199

Actions (login required)

View Item View Item