Analisis implementasi pembiayaan mudharabah dalam peningkatan pendapatan nasabah pada BMT NU Sidayu Cabang Manyar

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rohmayaty, Nur (2023) Analisis implementasi pembiayaan mudharabah dalam peningkatan pendapatan nasabah pada BMT NU Sidayu Cabang Manyar. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Rohmayaty_G94219175.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Nur Rohmayaty_G94219175_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 3 October 2027.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Analisis Implementasi Pembiayaan Mudharabah dalam Peningkatan Pendapatan Nasabah pada BMT NU Sidayu Cabang Manyar”, bertujuan untuk menjawab pertanyaan tentang bagaimana implementasi pembiayaan mudharabah di BMT NU Sidayu Cabang Manyar dan bagaimana peningkatan pendapatan nasabah setelah memperoleh pembiayaan mudharabah di BMT NU Sidayu Cabang Manyar. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan metode kualitatif berjenis deskriptif, jenis dan sumber data pada penelitian ini adalah data primer dan sekunder dimana data diperoleh langsung dari pihak BMT NU Sidayu Cabang Manyar dengan melalui teknik wawancara, dokumentasi dan observasi kemudian dari data tersebut diolah serta dilakukan analisa hingga dapat ditarik kesimpulan. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi pembiayaan mudharabah di BMT NU Sidayu Cabang Manyar telah sesuai dengan aturan yang berlaku dan tidak ada yang bertentangan dengan syariah mulai dari proses pengajuan yang dilakukan oleh nasabah hingga proses pencairan pembiayaan mudharabah. Mayoritas nasabah yang mengambil pembiayaan mudharabah mengalami peningkatan pendapatan. Besaran peningkatan pendapatan yang dihasilkan oleh nasabah tentunya berbeda hal ini karena usaha yang dijalani oleh setiap nasabah berbeda-beda dan juga kemampuan fisik yang berbeda. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti, peneliti memberikan saran untuk BMT NU Sidayu Cabang Manyar agar tetap konsisten dalam menerapkan pembiayaan sesuai dengan peraturan yang berlaku agar mampu menunjang aktifitas ekonomi dan mengembangkan usaha masyarakat hingga tercipta perekonomian masyarakat yang sejahtera.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rohmayaty, Nurnurrohmayaty@gmail.comG94219175
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHuda, Bakhrulbakhrul.huda@uinsa.ac.id.2104098501
Subjects: Ekonomi Islam
Keywords: Pembiayaan mudharabah; peningkatan pendapatan; BMT
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: NUR ROHMAYATY
Date Deposited: 03 Sep 2024 06:22
Last Modified: 03 Sep 2024 06:22
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/73216

Actions (login required)

View Item View Item