Analisis loyalitas konsumen pada konsumen McDonald's Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mahfudzon, Muhammad Rozy (2024) Analisis loyalitas konsumen pada konsumen McDonald's Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Rozy Mahfudzon_08040320097.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Muhammad Rozy Mahfudzon_08040320097_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 3 September 2027.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian yang berjudul “Pengaruh Brand Experience Terhadap Loyalitas Konsumen Dengan Brand Trust dan Brand Love Sebagai Variabel Intervening Pada Konsumen McDonald’s Sidoarjo” penelitian ini berawal dari berkembangnya kebutuhan konsumen yang semakin meningkat, salah satu kebutuhan kebutuhan masyarakat di masa ini adalah keinginan untuk mendapatkan sesuatu dengan instan dan cepat, salah satunya berada disektor makanan cepat saji. Banyaknya perusahaan makanan cepat saji yang sebanding di Indonesia membuat persaingan semakin ketat, sehingga banyak perusahaan yang menawarkan berbagai pengalaman untuk menarik konsumen agar melakukan pembelian ulang lagi, salah satunya yakni McDonald’s. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan data primer dan sekunder. Data primer didapatkan hasil kuesioner, sedangkan untuk data sekunder diperoleh dari jurnal, website, dan buku. Teknik pengambilan sampel menggunakan non-probability sampling. Perhitungan didapat dari jumlah sampel sebanyak 385 responden yang telah membeli produk McDonald’s di seluruh cabang McDonald’s. Dalam menguji instrument dan hipotesis menggunakan Analysis Structural Equation Modelling (SEM) berbasis varians yakni Partial Least Square (PLS) versi 3. Hasil penelitian ini menunjukkan variabel brand experience memliki pengaruh positif dan signifikan terhadap brand trust dan brand love. Sebaliknya brand experience tidak memiiliki pengaruh terhadap loyalitas konsumen. variabel brand trust dan bran love memiliki pengaruh positf dan signifikan terhadap loyalitas konsumen, sedangkan brand trust juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand love. Peran variabel mediasi dalam penelitian ini memiliki pengaruh full mediation yaitu brand experience terhadap loyalitas konsumen yang di mediasi oleh brand trust pada konsumen McDonald’s sidoarjo. Sementara itu brand experience terhadap loyalitas konsumen yang dimediasi oleh brand love pada konsumen McDonald’s memiliki pengaruh partial mediation, dan brand experience terhadap loyalitas konsumen yang dimediasi oleh brand trust dan brand love memiliki nilai full mediation. Penelitian ini memberikan saran praktis kepada pihak perushaan agar dapat terus meningkat pengalaman positif konsumen, dengan selalu memberikan pelayanan yang mudah dan cepat dalam melakukan transaski pembelian, dan dapat mempertahankan serta meningkatkan kepercayaan (brand trust) positif yang dimiliki, serta dapat meningkatkan kecintaan (brand love) dengan cara menjaga kualitas produk dan tentunya selalu memberikan inovasi produk yang menarik. Sehingga semua itu akan memunculkan loyalitas konsumen yang kuat

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mahfudzon, Muhammad Rozymuhammadrozy605@gmail.com08040320097
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAhsan, Muhamadm.ahsan@uinsa.ac.id ; macgumay@gmail.com ;2021066802
Subjects: Manajemen
Pemasaran
Keywords: Brand experience; brand trust; brand love; loyalitas konsumen; McDonald’s
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen
Depositing User: Muhammad Rozy Mahfudzon
Date Deposited: 03 Sep 2024 06:30
Last Modified: 03 Sep 2024 06:30
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/73218

Actions (login required)

View Item View Item