Efektivitas penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis android solite kids dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fikih kelas VII MTsN 3 kota Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hasan, Izzah Nur Hudzriyah (2024) Efektivitas penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis android solite kids dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fikih kelas VII MTsN 3 kota Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Izzah Nur Hudzriyah Hasan_06030120058 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Izzah Nur Hudzriyah Hasan_06030120058 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 5 September 2027.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Solite Kids dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fikih Kelas VII MTsN 3 Kota Surabaya” yang dilatarbelakangi oleh kurangnya inovasi guru dalam menggunakan media pembelajaran selama proses belajar mengajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Bagaimana prosedur pemanfaatan media pembelajaran interaktif berbasis android solite kids pada mata pelajaran fikih kelas VII MTsN 3 Kota Surabaya? 2) Bagaimana hasil belajar siswa sebelum diterapkan media pembelajaran interaktif berbasis android solite kids pada mata pelajaran fikih kelas VII MTsN 3 Kota Surabaya? 3) Bagaimana hasil belajar siswa setelah diterapkannya media pembelajaran interaktif berbasis android solite kids pada mata pelajaran fikih kelas VII MTsN 3 Kota Surabaya? 4) Bagaimana efektivitas penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis android solite kids dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fikih kelas VII MTsN 3 Kota Surabaya? Metode yang digunakan adalah kuantitatif Quasi Experimental Design dengan jenis pretest and posttest control group design. Teknik pengumpulan data dalam penelitian yaitu berupa tes dan observasi. Analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, dan uji independent sample t test untuk melihat efektivitas media terhadap hasil belajar yang dihitung dengan menggunakan bantuan software PSPP 1.6.2. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Prosedur pemanfaatan media pembelajaran Android Solite Kids diawali diskusi dengan guru mata pelajaran fikih terkait materi yang akan digunakan setelah itu menerapkannya pada pembelajaran fikih kelas VII MTsN 3 Kota Surabaya 2) Hasil belajar siswa sebelum diterapkannya media pembelajaran Android Solite Kids yaitu diperoleh rata-rata nilai pretest pada kelas eksperimen mencapai 46,17 dan rata-rata nilai pretest kelas kontrol mencapai 47,50. 3) Hasil belajar siswa setelah diterapkannya media pembelajaran Android Solite Kids yaitu diperoleh rata-rata nilai posttest siswa kelas eksperimen meningkat menjadi 80,17, sedangkan rata-rata nilai posttest kelas kontrol sejumlah 70,83. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan pada hasil belajar siswa setelah diterapkannya media Android Solite Kids pada pembelajaran di kelas eksperimen. 4) Berdasarkan hasil uji independent sampel t test diperoleh sig. (2-tailed) 0,009 < 0,05, maka H_0 ditolak dan H_a diterima. Hal tersebut membuktikan bahwa adanya efektivitas penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis Android Solite Kids dalam meningkatkan hasil belajar fikih pada siswa kelas VII di MTsN 3 Kota Surabaya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hasan, Izzah Nur Hudzriyahijoole99@gmail.com06030120058
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFahmi, Muhammadmuhammadfahmi@uinsa.ac.id2106087701
Thesis advisorRidwan, Auliyaaridwan@uinsby.ac.id2011058502
Subjects: Fikih
Pendidikan Islam
Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Media Pembelajaran; Android Solite Kids; Hasil Belajar Fikih
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Izzah Nur Hudzriyah Hasan
Date Deposited: 05 Sep 2024 12:04
Last Modified: 05 Sep 2024 12:04
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/73274

Actions (login required)

View Item View Item