Model dakwah keluarga sakinah di masjid al Falah Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rojak, Abdul (2024) Model dakwah keluarga sakinah di masjid al Falah Surabaya. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Abdul Rojak Lubis_02040722003.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Abdul Rojak Lubis_02040722003_ Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 5 September 2027.

Download (3MB)

Abstract

Keluarga menjadi fondasi masyarakat dalam islam. Keluarga sebagai unit terkecil dari struktur sosial yang memiliki peran untuk membentuk, mendidik stiap anggota keluarga dan menanamkan nilai-nilai agama dan moral. Namun pada realita masyarakat modern, keluarga dihadapkan pada tantangan berupa tekanan berupa ekonomi, perkembangan tehnologi dan juga tekanan budaya konsumerisme yang mendorong nilai-nilai materealisme dan hedonisme. Masjid Al-Falah hadir dengan memberikan kegiatan kajian keluarga sakinah untuk memberikan pemahaman dan pencerahan terkait membangun keluarga yang sakinah. Penelitian ini untuk menganalisis bagaimana proses dakwah keluarga sakinah di Masjid Al- Falah Surabaya, dan juga untuk menganalisis model dakwah dalam membangun keluarga sakinah di Masjid Al- Falah Surabaya. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan (Field Research) dan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengambilan data dalam Penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa proses dakwah yang dilakukan pada kegiatan kajian keluarga sakinah adalah dengan forum kajian yang mengangkat tema untuk membangun keluarga sakinah dalam kehidupan rumah tangga setiap muslim. Adapun model dakwah yang diterapkan ialah dengan model seramah dan interaksional antar penceramah dan jamaah melalui sesi tanya jawab pada saat kajian. Rekomendasi pada penelitian ini perlu adanya kembali kegiatan kajian pranikah yang sudah sempat dijalankan di masjid ini sehingga memberikan ilmu bekal sebelum berumah tangga demi tercapai dan terwujudnya kelurga-keluarga yang sakinah, mawaddah dan warahmah

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rojak, Abdulabdulrozak031197@gmail.com02040722003
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAstutik, Srisri.astutik@uinsby.ac.id2005025902
Thesis advisorNurdin, Aliali.nurdin@uinsby.ac.id2002067101
Subjects: Dakwah
Ilmu Komunikasi
Keywords: Model; dakwah; sakinah family
Divisions: Program Magister > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Abdul Rojak Lubis
Date Deposited: 05 Sep 2024 04:43
Last Modified: 05 Sep 2024 08:07
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/73300

Actions (login required)

View Item View Item