Studi tutupan lamun terhadap struktur komunitas teripang di perairan Bama Taman Nasional Baluran, Situbondo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sofyanti, Dhiyaul Auliyah (2024) Studi tutupan lamun terhadap struktur komunitas teripang di perairan Bama Taman Nasional Baluran, Situbondo. Undergraduate thesis, u.

[img] Text
Dhiyaul Auliyah Sofyanti_09020420023.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Dhiyaul Auliyah Sofyanti_09020420023_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 5 September 2027.

Download (2MB)

Abstract

Perairan Bama Taman Nasional Baluran merupakan perairan yang memiliki ekosistem laut yang beraneka ragam. Salah satu ekositem perairan adalah lamun. Padang lamun adalah ekosistem perairan dangkal dan kompleks ditanadai dengan produktivitas biologis yang tinggi. Padang lamun memiliki signifikansi yang besar sebagai sumber daya laut dari aspek ekologi maupun ekonomi. Padang lamun memiliki fungsi ekologis, termasuk sebagai tempat reproduksi, wilayah asuhan, tempat untuk mencari makan. Salah satu organisme laut yang hidup di ekosistem lamun yaitu teripnag. Penelitian ini dilaksanakan di Perairan Bama Taman Nasional Baluran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui persentase tutupan lamun, struktur komunitas teripang dan hubungan tutupan lamun dan kelimpahan teripang. Penentuan lokasi penelitian dilakukan dengan metode purposive sampling. Lokasi penelitian dibagi menjadi 3 stasiun, masing-masing stasiun ditarik garis transek sepanjang 100 m. Spesies lamun yang ditemukan di Perairan Bama yaitu jenis Enhalus acoroides, Cymodocea rotundata, Halophila ovalis dan Thalassia hemprichii. Terdapat 3 spesies teripang yaitu Holothuria atra, Holothuria edulis dan Synapta maculata. Kelimpahan teripang yang ditemukan Holothuria atra (0,97 ind/ha), Holothuria edulis (0,76 ind/ha), dan Synapta maculata (0,10 ind/ha). Indeks keanekaragaman tergolong rendah, berkisar antara 0,25-0,77. Indeks keseragaman tergolong tinggi karena teripang jenis Holothuria atra karena memiliki nilai kelimpahan tertinggi. Indeks dominansi tergolong rendah karenanilai indeks dominasi mendekati 0. Hubungan tutupan lamun dan kelimpahan teripang berdasarkan uji korelasi person dengan SPSS, menunjukkan nilai korelasi 0,191 berada dalam kategori sangat lemah dan nilai signifikansi > 0,05 maka H0 diterima yang artinya hipotesis pada penelitian ini adalah tidak ada hubungan antara tutupan lamun dan kelimpahan teripang di Perairan Bama Taman Nasional Baluran.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sofyanti, Dhiyaul Auliyahdhiyaulauliyahsofyanti@gmail.com09020420023
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMauludiyah, Mauludiyahmauludiyah@uinsby.ac.id2017118204
Thesis advisorViolando, Wiga Alifwiga.alif@uinsby.ac.id199203292019031012
Subjects: Ilmu Kelautan
Keywords: Perairan Bama Taman Nasional Baluran; tutupan lamun; struktur komunitas teripang
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Ilmu Kelautan
Depositing User: Dhiyaul Auliyah Sofyanti
Date Deposited: 05 Sep 2024 02:08
Last Modified: 05 Sep 2024 02:08
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/73322

Actions (login required)

View Item View Item