Pengaruh service quality, brand image terhadap loyalitas nasabah Bank Syariah Indonesia cabang Lamongan Sudirman dengan brand trust sebagai variabel mediasi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Khisomah, Iffatul (2024) Pengaruh service quality, brand image terhadap loyalitas nasabah Bank Syariah Indonesia cabang Lamongan Sudirman dengan brand trust sebagai variabel mediasi. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Iffatul Khisomah_08040320091.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Iffatul Khisomah_08040320091_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 5 September 2027.

Download (3MB)

Abstract

Bank Syariah Indonesia merupakan salah satu perusahaan perbankan berbasis syariah yang ada di Indonesia. Keberhasilan BSI sebagai bank terbaik ke empat di Indonesia menimbulkan pertanyaan penting mengenai faktor-faktor yang dapat membentuk dan mempertahankan loyalitas nasabah terhadap kepercayaan merek tersebut. Maka dari itu judul dari penelitian ini yakni pengaruh service quality, brand image terhadap loyalitas nasabah Bank Syariah Indonesia Cabang Lamongan Sudirman dengan brand trust sebagai variabel mediasi. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh service quality, brand iamge terhadap loyalitas nasabah Bank Syariah Indonesia Cabang Lamongan Sudirman dengan brand trust sebagai variabel mediasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis data yang digunakan adalah data primer yang berasal dari kuesioner dengan menggunakan skala pengukuran 1-5 yang bernilai positif. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 160 responden, yang diperoleh dengan mengadopsi pendekatan J. F. Hair et al. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian menggunakan purposive sampling yakni dengan mempertimbangkan kriteria tertentu yang telah ditentukan sebelumnya. Untuk menguji instrumen dan hipotesis, peneliti menggunakan analisis Structural Equation Modeling (SEM) yang berbasis varians yaitu Partial Least Square (PLS) versi 3.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, pertama, service quality tidak berpengaruh terhadap loyalitas nasabah. Kedua, brand image memiliki pengaruh terhadap loyalitas nasabah. Ketiga, service quality memiliki pengaruh terhadap brand trust. Keempat, brand image memiliki pengaruh terhadap brand trust. Kelima, brand trust memiliki pengaruh dalam memediasi service quality dengan loyalitas nasabah. Keenam, brand trust memiliki pengaruh dalam memediasi brand image dengan loyalitas nasabah. Berdasarkan hasil penelitian maka perusahaan disarankan untuk memberikan perhatian lebih pada kualitas layanan dan citra merek, karena kedua aspek tersebut dianggap sebagai faktor yang mendukung pelanggan dalam proses pembelian. Semakin baik service quality dan brand image yang diberikan, kepercayaan terhadap suatu brand akan meningkat. Seiring dengan meningkatnya kepercayaan terhadap suatu brand, loyalitas brand tersebut pun meningkat

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Khisomah, Iffatuliffakhisomah@gmail.com08040320091
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSamsuri, Andrianiandriani@uinsby.ac.id2002087603
Subjects: Manajemen
Manajemen Strategi
Pemasaran
Keywords: Service quality; brand image; loyalitas nasabah; brand trust
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen
Depositing User: S.M IFFATUL KHISOMAH
Date Deposited: 05 Sep 2024 02:00
Last Modified: 05 Sep 2024 02:00
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/73337

Actions (login required)

View Item View Item