Implementasi prinsip demokrasi pada pemilihan umum di indonesia pasca reformasi perspektif fiqh siyasah

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Prasetiya, Ferdy Agus (2024) Implementasi prinsip demokrasi pada pemilihan umum di indonesia pasca reformasi perspektif fiqh siyasah. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ferdy Agus Prasetiya 05040420064.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Ferdy Agus Prasetiya 05040420064_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 5 September 2027.

Download (1MB)

Abstract

Demokrasi, sebagai sistem pemerintahan yang menempatkan kedaulatan di tangan rakyat, telah mengalami berbagai tantangan dan perubahan sejak kemerdekaan Indonesia pada tahun 1945. Meskipun Indonesia telah mengadopsi sistem demokrasi parlementer dan multipartai, perjalanan demokrasi diwarnai oleh berbagai periode otoritarianisme dan reformasi yang berdampak pada kualitas dan integritas pemilihan umum. Fiqh siyasah, yang menekankan pentingnya kualifikasi pemilih dan prinsip syura dalam memilih pemimpin, menawarkan perspektif yang berharga untuk menganalisis dan mengevaluasi proses pemilihan umum di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kesesuaian antara prinsip-prinsip demokrasi dalam undang-undang pemilihan umum dengan nilai-nilai fiqh siyasah, serta menyoroti tantangan seperti korupsi, ketimpangan, dan keterbatasan transparansi yang menghambat proses demokratisasi. Melalui metode normatif dan pendekatan peraturan perundang-undangan terkait tujuan untuk mengeksplorasi dan memahami struktur serta substansi dari peraturan perundang-undangan yang berhubungan dengan isu hukum yang dikaji, serta pendekatan konseptual, guna menganalisis peraturan hukum yang relevan dan konsep-konsep hukum yang mendasarinya. Penelitian ini berharap dapat memberikan wawasan tentang penguatan institusi demokratis di Indonesia dalam konteks nilai-nilai Islam. Dalam Teknik penulisan skripsi ini Penulis menggunakan cara Deduktif, yaitu suatu metode penalaran atau pendekatan dalam penelitian atau pemikiran yang bergerak dari suatu premis atau pernyataan umum ke suatu kesimpulan yang lebih spesifik. Hasil dari penelitian ini yang Pertama, bahwa implementasi prinsip demokrasi di Indonesia belum berjalan dengan baik, karena banyaknya hal yang menyimpang dari ideologi kita, seperti: kecurangan saat melakukan pemilihan umum dengan cara diam-diam melakukan money politik dan masyarakat menerima dengan baik adanya hal itu. Kedua dalam mengevaluasi penerapan prinsip demokrasi dalam perundang-undangan dari sudut pandang fiqh siyasah, perlu diperhatikan sejauh mana proses pembentukan undang-undang tersebut memenuhi prinsip-prinsip syuro seperti konsultasi yang inklusif, partisipasi aktif, kesepakatan melalui musyawarah, dan akuntabilitas. Hanya dengan memperhatikan aspek-aspek ini secara menyeluruh,kita bisa melihat sejauh mana penerapan prinsip demokrasi dalam perundang-undangan sudah sesuai dengan prinsip syuro menurut pandangan fiqh siyasah. Untuk kedepannya berharap agar pemilihan umum di Indonesia dapat dilaksanakan sesuai dengan prinsip-prinsip demokrasi sehingga dapat meminimalisir adanya kecurangan saat dilakukan pemilihan umum.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Prasetiya, Ferdy Agusferdyagusprasetiya@gmail.com05040420064
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRojak, Jeje Abduljejerozaq@yahoo.com2015106401
Subjects: Bahan Pustaka
Hukum Islam
Hak Asasi Manusia
Keywords: Demokrasi; Pemilu
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Tata Negara Islam
Depositing User: FERDY AGUS PRASETIYA
Date Deposited: 05 Sep 2024 02:04
Last Modified: 05 Sep 2024 02:04
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/73339

Actions (login required)

View Item View Item