Puasa sebagai upaya pencegah nafsu seksual dalam hadis riwayat ad-Darimi nomor indeks 2211: kajian ma'anil hadis dengan pendekatan tasawuf

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hisam, Afif Khoirul (2023) Puasa sebagai upaya pencegah nafsu seksual dalam hadis riwayat ad-Darimi nomor indeks 2211: kajian ma'anil hadis dengan pendekatan tasawuf. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Afif Khoirul Hisam_E75219046 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 9 September 2027.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
Afif Khoirul Hisam_E75219046.pdf

Download (3MB)

Abstract

Puasa ialah menahan sesuatu, artinya menahan diri dari sesuatu baik lapar, minum, maupun syahwat dan juga menahan diri dari segala sesuatu yang buruk, dalam menjalankan ibadah puasa maka akan memberikan efek terhadap akhlak dan tingkah lakunya yang akan dituntun dengan akal yang bersih bukan menggunakan keinginan nafsu, skripsi ini memiliki tujuan untuk mengetahui makna hadis tentang puasa sebagai pencegah nafsu seksual dan mengetahui implikasinya. Dengan rumusan masalah sebagai berikut : bagaimana kualitas sanad dan matan hadis dan kehujjahan hadis ? bagaimana pemaknaan hadis ? bagaimana implikasi puasa sebagai pencegah nafsu seksual ? Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan mengunakan data primer dan sekunder yang berkaitan dengan pembahasan penelitian. Hadis tentang puasa sebagai pencegah nafsu seksual dinyatakan sahih dilihat dari segi sanad dan matanya dan dapat diamalkan dan dijadikan hujjah implikasi puasa sebagai pencegah nafsu seksual sangat berguna bagi manusia hal ini tidak mem andang umur karena kita hasrat syahwat manusia ketka sudah bergejolak maka sulit dikendalikan maka dibutuhkanlah tameng/periasi untuk membentenginya agar bisa dikendalikan dan mengarah kebaikan sehingga terdapat perubahan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hisam, Afif KhoirulHisyamafif742@gmail.comE75219046
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFaruq, UmarUmarfaruq@gmail.com2005076201
Subjects: Perilaku
Hadis
Keywords: Puasa; nafsu seksual
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Hadis
Depositing User: AFIF HISAM
Date Deposited: 09 Sep 2024 07:28
Last Modified: 09 Sep 2024 07:28
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/73360

Actions (login required)

View Item View Item